Bahan Baku Obat Tradisional Mulai Langka

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Beberapa pengusaha dan penjual obat-obatan tradisional khas Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya mengeluhkan bahan baku pembuatan obat yang mulai sulit dicari saat ini.

“Keadaan ini memaksa kami untuk bersabar dan mencari ke berbagai tempat agar bisa mendapatkan bahan baku tersebut,” ujar seorang pengusaha obat tradisional Kalteng, Henny Astuti, kepada Tabengan, Senin (9/4) pagi.

Bacaan Lainnya

Dia mengungkapkan, saat ini beberapa jenis bahan baku pembuatan obat tradisional susah dicari. Kalaupun ada itupun harus mencari atau memesan dengan orang-orang di desa-desa dan harus menunggu lama.

“Saat ini sudah mulai susah mencari bahan baku obat tradisional seperti pasak bumi, saluang belum dan lain-lain. Kalaupun ada sayapun harus menunggu lama karena memesan dari orang-orang di desa yang juga saat ini sangat sulit menemukan bahan baku tersebut,” pungkasnya.

Dikatakan Henny, bahan baku yang mulai susah didapat berbanding terbalik dengan orderan yang begitu banyak saat ini, sehingga para pelanggan harus menunggu dulu untuk mendapatkan obat tersebut.

“Orderan dari para pelanggan semakin banyak, namun bahan baku mulai sulit didapat. Jadi agak kewalahan juga, tapi mau bagaimana lagi karena keadaannya susah begini,” tambahnya.

Indu Apit, pedagang obat tradisional di Pasar Kahayan Palangka Raya, mengungkapkan, susahnya mencari bahan baku pembuatan obat tradisional disebabkan banyak orang yang mencari di hutan, namun tidak sebanding ketersediaan tumbuhan tersebut.

Akibat sulitnya bahan baku tersebut, kata Indu Apit, penghasilannya menurun. Ditambah lagi tempat berjualannya kurang strategis karena berada di pintu utara yang jarang dilalui orang membuatnya kesulitan untuk memasarkan produknya.

“Penghasilan saya menurun sejak bahan baku sulit diperoleh dan juga ditambah tempat saya berjualan ini jarang dilalui orang, jadi terkadang juga bisa tidak laku,” tambahnya
Para pengusaha dan pedagang berharap agar Pemerintah atau pihak terkait bisa memberikan solusi yang tepat bagi mereka, sehingga bahan baku ini mudah didapat dan mereka bisa berjualan sebagaimana mestinya. m-ybs

Pos terkait