PETI DESA SUMUR MAS-Kejari Akan Periksa Pihak Terkait

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Akerman Sahidar

*Dewan Desak DLH Paparkan Hasil Pengawasan Tambang
KUALA KURUN/TABENGAN.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas Akerman Sahidar meminta pihak Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) setempat untuk memaparkan hasil pengawasan lingkungan, terkait sebatas mana aktivitas dari pertambangan emas di Desa Sumur Mas.
Akerman mempertanyakan bagaimana dengan izin Amdal dari perusahaan tersebut, serta manfaat aktivitas perusahaan, apakah baik untuk masyarakat desa sekitar dan apakah ada pendapatan asli daerah untuk Kabupaten Gumas.
“Pihak kami akan memanggil untuk mengetahui sejauh mana hasil pengawasan dari pihak dinas terkait, terhadap aktivitas di Desa Sumur Mas. Selain itu, sebatas mana laporan perizinan mereka,” ungkap Akerman.
Sejauh ini informasi yang didapat dari dinas terkait aktivitas pertambangan tersebut masih sangat minim, Akerman berharap pihak terkait bisa ikut melakukan pengawasan aktivitas perusahaan tersebut.
Menurutnya, aktivitas dari tambang emas tersebut masih tidak jelas, apakah ada unsur yang dapat merugikan pemerintah daerah atau ada aktivitas lain di daerah tersebut.
“Oleh karena itu, PTSP Kabupaten Gunung Mas, Kesbangpol, Disnaker, maupun Dinas Lingkungan Hidup dapat memberikan gambaran dan penjelasan aktivitas yang terjadi di daerah desa tersebut,” tegas Akerman.
Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gunung Mas Nixon Nikolaus Nilla melalui Kasi Intel Kejari Gumas Teguh Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya juga masih mendalami administrasi dan mempelajari bukti kewajiban yang wajib mereka laksanakan untuk beraktivitas pelaksanaan pertambangan.
Teguh menjelaskan, pihaknya akan meminta keterangan terkait perkembangan aktivitas pertambangan tersebut ke beberapa dinas terkait.
“Kita akan meminta keterangan dari beberapa dinas terkait, seperti DLH Kabupaten Gunung Mas, sejauh mana pengawasan dan monitoring mereka terkait lingkungan di kawasan tambang Sumur Mas,” kata Teguh. c-hen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.