Kalteng Masih Berpotensi Bencana Banjir

ISTIMEWA POTENSI- Peta prakiraan daerah potensi rawan banjir Mei di Kalteng

*Hujan Lebat Diprediksikan Terjadi Pekan Depan
PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Hujan dengan intensitas tinggi yang kerap terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah, terkadang menimbulkan persoalan potensi bencana banjir. Dari data Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, memang untuk Kalteng potensi banjir sendiri ada di level menengah dan rendah.
Menurut Prakirawan BMKG Palangka Raya Lian Andriani, dari peta prakiraan daerah potensi rawan banjir di Kalteng pada Mei 2022, terlihat didominasi dengan warna kuning (menengah) dan hijau (rendah). Selain itu, beberapa bagian tampak terlihat putih yang menandakan wilayah non banjir. Seperti di Kota Palangka Raya, sebagian besar wilayahnya memang berada pada zona kuning. Namun di titik lainnya berupa zona hijau, bahkan ada yang kawasan non banjir.
Kondisi ini memperlihatkan potensi wilayah rawan banjir, yang mana di peralihan musim saat ini, sering terjadi hujan dengan intensitas lebat/sedang maupun ringan di wilayah tersebut. Untuk kondisi cuaca di Kalteng 1 minggu ke depan, suhu udara berkisar 23-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar 55-100 persen. Untuk angin umumnya bertiup dari arah barat-barat daya dengan kecepatan berkisar 10-20 km/jam.
“Hampir di sebagian besar wilayah Kalteng diperkirakan hujan sedang/lebat disertai angin kencang serta kilat/petir. Maka kami juga imbau waspada potensi adanya genangan air, banjir, banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang akibat terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang,” ujarnya.
Ditambahkannya, untuk prospek tinggi gelombang mingguan di perairan selatan Kalteng, ada di angka 0,5-0,75 meter (rendah). Namun pihaknya tetap mengimbau kewaspadaan terkait adanya pertumbuhan awan konvektif (cumulonimbus), yang berpotensi menimbulkan hujan lebat/sedang hingga angin kencang, yang juga mampu menimbulkan gelombang tinggi, di wilayah pesisir maupun perairan selatan Kalteng. drn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.