Intensitas Hujan Tinggi, Dewan Ingatkan Waspada Banjir

Wakil ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur

SAMPIT/TABENGAN-Wakil ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk dapat mewaspadai terjadinya bencana banjir terutama di daerah pedalaman.
Apalagi saat ini menurutnya, bencana banjir sudah mulai terjadi di sejumlah desa di pedalaman seiring dengan seringnya terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.
“Hal ini harus kita antisipasi dan waspadai apalagi saat ini hujan sering terjadi beberapa hari berturut-turut yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah terutama di wilayah pedalaman hingga perkotaan,” terangnya Kamis (12/5/2022).
Dirinya meminta Pemkab melalui instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat, dapat terus memantau kondisi di seluruh wilayah yang sudah dinyatakan rawan banjir terutama di bagian hulu Kotim, seperti Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu dan sekitarnya. BPBD menurutnya, harus sigap dan tanggap mendata warga yang daerahnya terdampak banjir.
“Sehingga Jika Pemkab ingin menyalurkan bantuan bisa dilakukan dengan cepat dan juga tepat sasaran,” harapnya.
Kemudian untuk disisi lain Pemkab pun menurutnya, harus menyediakan tempat yang benar-benar nyaman untuk warga terdampak jika bencana banjir meluas dan juga ketinggian air semakin meninggi.
“Hal ini harus betul-betul diperhitungkan secara matang sehingga warga yang terdampak pun dapat segar tertangani dengan cepat tanpa terkesan pemerintah mengabaikan kondisi mereka ketika mengalami bencana banjir,” ujar politisi dari Partai Golkar ini. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.