Ekspos Lagi Produk Unggulan Kotim

Ketua Bapemperda DPRD Kotim Handoyo J Wibowo saat memimpin sidang

SAMPIT/TABENGAN.COM- Besarnya potensi sumber daya alam, kerajinan masyarakat hingga tempat wisata harus menjadi produk unggulan untuk mengharumkan nama Kotawaringin Timur (Kotim), di kancah Nasional dan internasional.
Senada hal tersebut, Ketua Bapemperda DPRD Kotim Handoyo J Wibowo, Selasa (10/5/2022) siang menyarankan agar produk-produk yang dijadikan sebagai unggulan daerah sebaiknya yang memiliki potensi meningkatkan citra daerah.
“Kita berharap produk unggulan ini dapat mengangkat citra Kotim di dunia luar, sehingga daerah kita lebih dikenal secara luas,” ujarnya saat memimpin rapat kerja Bapemperda tentang lanjutan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang produk unggulan daerah di ruang rapat paripurna DPRD Kotim.
Politisi dari partai demokrat ini mencontohkan seperti pemerintah sebelumnya menggagas ikon ikan Jelawat. Dulu ujarnya sebelum lahirnya inisiasi ikon ikan Jelawat juga sudah dilakukan penelitian dan kajian dari instansi terkait seperti Bapelitbangda.
“Dan hingga kini ikon ikan jerawat menjadi terkenal di daerah ini,” ucapnya.
Anggota Bapemperda Kotim, Syahbana menambahkan agar sebaiknya komoditi yang menjadi produk unggulan dalam Ranperda ditambah kembali sehingga tidak hanya ada beberapa komoditi seperti durian ikan Jelawat ataupun beras. Ia mencontohkan seperti jika ingin memasukkan komoditi durian dalam produk unggulan maka selanjutnya dapat diatur Perbupnya.
“Misalnya ditambah pagi atau beras epang bisa dikerucutkan nantinya,” jelasnya. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.