30 Titik Hotspot di Kapuas

*PBD Kapuas Imbau Waspada Karhutla
KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM – Terpantaunya 30 titik hotspot di 8 Kecamatan selama periode Januari sampai dengan Mei 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas mengeluarkan imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat agar waspada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Demikian yang dikatakan Panahatan Sinaga Kepala Pelaksana BPBD Kapuas saat dibincangi media ini.
Menurut Panahatan Sinaga, dengan adanya peningkatan kewaspadaan terkait kebakaran hutan, diharapkan masyarakat tidak melakukan pembakaran, apalagi dalam membuka lahan, ini untuk menghindari bencana kebakaran lahan dan hutan yang tidak terkendali.
Untuk mengingatkan masyarakat, kata Panahatan Sinaga, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan baik itu Kecamatan bahkan sampai tingkat desa. Pihaknya juga telah memasang beberapa papan peringatan dan imbauan melalui beberapa spanduk yang dipasang dibeberapa titik rawan bencana.
“Kita telah lakukan koordinasi baik itu TNI-Polri serta pemerintahan kecamatan dan desa untuk turut serta dan aktif memantau, sekaligus melaporkan kepada BPBD apabila menemukan adanya titik-titik sumber api di wilayahnya, dengan tujuannya bisa dengan segera ditanggulangi agar tidak sampai meluas,” katanya.
Untuk 8 wilayah Kecamatan yang terpantau adanya titik hotspot tersebut, lanjut Panahatan Sinaga, meliputi Kecamatan Selat dengan 4 titik, Timpah 5, Pasak Telawang 2, Mandau Telawang 1, Tamban Catur 2, Kecamatan Mantangai dan Kapuas Tengah masing-masing 8 titik.
“Terlebih dengan masuknya musim kemarau ini, sekali lagi diimbaukan, agar masyarakat dapat selalu waspada dalam upaya ikut serta menanggulangi dan mencegah terjadinya musibah Karhutla,” harap Panahatan Sinaga c-yul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.