Hukrim  

Temukan Tas di Jalan, Raja Kuras Uang di ATM, Divonis Penjara 12 Bulan…Deehh

ISTIMEWA TERDAKWA – Raja Ali Zulkifar saat menerima vonis penjara dari Majelis Hakim dalam sidang di PN Palangka Raya.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Raja Ali Zulfikar alias Ali menerima vonis penjara selama 12 bulan dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palangka Raya. “Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian,” ucap Ketua Majelis Hakim, Boxgie Agus Santoso.
Ali terbukti menguras isi rekening bank milik korban, Raviona, menggunakan kartu ATM dalam sebuah tas yang dia temukan di jalan. “Kode PIN saya coba ikuti tanggal lahir yang ada di KTP yang ada dalam tas itu,” kata Ali.
Berawal ketika Ali hendak pulang ke rumahnya, Senin (7/2) malam. Ketika melintasi Jalan Ir Soekarno, Ali melihat sebuah tas kecil di tepi jalan. Ketika memeriksa isinya, Ali melihat ada KTP, Kartu ATM BRI, Kartu ATM BCA dan sebuah buah Handphone merk Samsung. Dia kemudian membawa tas tersebut pulang ke rumah dan menyimpannya di dalam kamar.
Keesokan harinya, Ali membawa tas milik korban lalu berangkat kerja keliling kota sebagai teknisi servis AC. Ali kemudian meminjam sepeda motornya lalu menuju Jalan Kinibalu. Dia tergoda untuk mencoba menggunakan kartu ATM korban yang dia temukan. Ali memasukan kartu ATM BRI ke dalam mesin ATM lalu mencoba memasukan sandi menggunakan kombinasi tanggal lahir korban yang tercantum pada KTP.
Ternyata upaya coba-coba tersebut berhasil dan Ali berhasil menarik uang Rp50.000. Dia kemudian berpindah ke ATM BCA di Cafe D’lavan Jalan G Obos. Ternyata kode PIN kedua kartu tersebut sama dan Ali berhasil mendapat Rp800.000. Merasa mendapat jackpot, Ali berpindah lagi ke ATM BRI di Jalan Diponegoro dan menarik uang Rp6,4 juta.
Dia kemudian mematahkan kartu ATM BRI tersebut menjadi dua lalu melemparnya ke semak-semak. Ali kemudian juga menjual ponsel korban seharga Rp430.000 melalui forum jual beli di facebook. Aksi Ali terhenti saat aparat Polresta Palangka Raya yang mendapat laporan korban, berhasil menangkapnya pada Senin (14/2) sore. Akibat perbuatannya, Ali terbukti memenuhi unsur pidana dalam Pasal 362 KUHP tentang pencurian. dre

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.