Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Pemudik Diimbau Terus Hati-hati

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Puncak arus balik lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 6-8 Mei. Pemudik yang akan kembali ke kota asal, diimbau untuk terus berhati-hati saat berkendara.
Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengatakan, hingga 5 Mei 2022, arus kendaraan masih terpantau lancar. Meskipun volume kendaraan yang melintas di jalan trans Kalimantan penghubung antarprovinsi dan kabupaten di Kalteng semakin bertambah.
Mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat arus balik lebaran, ia pun meminta kepada pemudik untuk bisa mengatur jadwal keberangkatan saat akan berkendara. Perhitungan waktu yang tepat akan membuat kondisi berkendara lebih aman dan nyaman.
Berkaca dari pengalaman, bebernya, kecelakaan biasa terjadi karena faktor kelalaian dari pengendara yang biasa disebabkan terburu-buru saat berkendara untuk mengejar waktu kepulangan. Hal ini dapat berakibat buruk saat di jalan.
“Puncak arus mudik diprediksi 6-8 Mei nanti. Atur keberangkatan pulang secara baik, sehingga tidak terburu-buru di jalan dan mengakibatkan rawan kecelakaan,” ujarnya.
Eko menerangkan, masyarakat yang melakukan arus balik mudik bisa memanfaatkan posko-posko pelayanan kepolisian yang sudah berdiri di beberapa titik. Beristirahat jika lelah dalam berkendara, juga menjadi salah satu faktor penting penunjang keselamatan.
“Jangan memaksakan diri, apabila lelah segera beristirahat. Sebelum berangkat pastikan keadaan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Ingat terus berhati-hati karena keselamatan nomor satu,” tuturnya. fwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.