DPRD Harap Pemda Kendalikan Harga Pangan

Wakil Ketua I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur

SAMPIT/TABENGAN.COM-Wakil Ketua I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) setempat, untuk dapat segera melakukan pengawasan dan juga mengendalikan harga pangan di sejumlah pasar di Kota Sampit.
Sebab saat ini, menurutnya paska Idul Fitri sejumlah harga pangan di pasar masih mengalami kenaikan. Seperti untuk harga telur ayam ras saat ini di pasaran untuk satu set sudah dikenakan harga Rp58 ribu sampai Rp60 ribu.
Begitu pula untuk harga cabai rawit yang semula harganya hanya mencapai Rp40 ribu per kilogramnya, saat ini sudah naik dua kali lipat menjadi Rp80ribu per kilogramnya.
“Untuk harga ayam ras, ikan tambak, ikan laut juga mengalami kenaikan. Apalagi paska lebaran ini masih banyak pedagang yang belum berjualan sehingga hanya sedikit pedagang yang berjualan di pasar. Dan ini tentunya mempengaruhi harga barang,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).
Menurut politisi asal partai Golkar ini, Disperdagin harus aktif melakukan pemantauan terhadap harga sejumlah pangan di pasar. Dirinya mewanti-wanti jangan sampai harga pangan di sejumlah pasar tersebut sampai melambung tinggi dan membuat susah masyarakat.
Dia juga berharap Disperdagin dapat berinovasi untuk dapat memperlancar alur distribusi barang yang harganya sedang naik tinggi. Seperti untuk komoditas cabai rawit, menurutnya jika harga cabai rawit yang didatangkan dari Pulau Jawa mengalami kenaikan, hendaknya Disperdagin dapat memasok cabai rawit lokal yang dikelola oleh petani cabai rawit lokal di wilayah ini.
“Jika kondisi pasokan banyak tentu harga juga akan turun. Untuk itu diharapkan instansi terkait dapat lebih memperhatikan alur distribusi barang yang terjadi karena ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih stabil,” jelasnya. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.