Jadwal Tahapan Pemilihan Rektor UPR Resmi Ditetapkan

TABENGAN/NOVAN DITETAPKAN- Ketua Senat UPR bersama panitia pemilihan rektor saat menunjukkan surat pengesahan jadwal pemilihan Rektor UPR periode 2022-2026, di Gedung PPIIG, Jalan Hendrik Timang.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Jadwal pelaksanaan pemilihan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) periode 2022-2026 akhirnya disahkan dan disepakati dalam rapat Senat tertutup, di Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) UPR, Jalan Hendrik Timang, Kamis (28/4).
Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, M.Si, saat dibincangi Tabengan menyampaikan, bahwa hari ini (kemarin) seluruh senat menyepakati dan menetapkan jadwal pelaksanaan pemilihan Rektor UPR.
“Selanjutnya tinggal pembahasan Tata Tertib (Tatib) yang nantinya akan dibahas dalam rapat senat dan dihadiri juga oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek) yang akan memberikan masukan dan pertimbangan,” ucapnya.
Ia juga menjelaskan, bahwa Irjen Pendidikan tidak dapat hadir dalam rapat pembahasan jadwal pelaksanaan pemilihan Rektor UPR bersama dengan anggota senat pada hari ini, dikarenakan beberapa kendala.
Kendati demikian, ia bersyukur pembahasan jadwal pelaksanaan pemilihan rektor UPR, akhirnya dapat disepakati dan ditetapkan bersama dalam rapat senat yang berjalan dengan lancar.
“Sudah kita sepakati bersama kapan jadwal tahapan penjaringan, tahapan penyaringan, serta tahapan pemilihan rektor. Sekarang ini tanggung jawab pemilihan Rektor berada di Panitia Pemilihan yang di dalamnya para guru besar yang berpengalaman dalam pemilihan rektor,” ujarnya.
Jadwal pelaksanaan pemilihan Rektor UPR yang sudah disepakati dalam rapat senat, yakni tahapan penjaringan bakal calon yang dimulai dengan pembentukan panitia pemilihan dijadwalkan pada 7 April 2022, dimana penyusunan draf timeline, tatib, draf tugas panitia dan sekretariat, draf pengumuman, draf form pendaftaran dan kelengkapan berkas mulai 8-28 April 2022.
Kemudian dilanjutkan dengan penetapan tatib, pengumuman penjaringan bakal calon rektor pada 11 Mei 2022, serta pendaftaran bakal calon rektor UPR yang dimulai 12-27 Mei 2022.
“Perpanjangan pendaftaran bakal calon rektor UPR dari tanggal 28 Mei sampai dengan 5 Juni 2022. Dilanjutkan dengan verifikasi berkas administrasi bakal calon rektor UPR dimulai pada tanggal 6 sampai dengan 14 Juni 2022,” tandasnya
Selain itu, penetapan bakal calon rektor UPR yang dibahas dalam rapat senat tertutup sekaligus pengumuman bakal calon rektor UPR yang dijadwalkan 15 Juni 2022. Selanjutnya sosialisasi bakal calon Rektor UPR ke Fakultas-Fakultas yang dijawalkan pada 16 Juni-6 Juli 2022.
Adapun tahapan penyaringan calon rektor UPR. Pertama jadwal penyampaian visi, misi dan program kerja calon Rektor UPR dalam rapat senat terbuka bersama dengan pejabat Kemendikbutristek yang direncanakan pada 7-8 Juli 2022, dilanjutkan dengan penilaian dan penetapan calon rektor UPR dalam rapat senat.
“Selanjutnya tahapan pemilihan calon rektor dengan jadwal pemilihan calon rektor melalui pemungutan suara oleh senat dan Kemendikbutristek dalam sidang senat, dilanjutkan dengan penyampaian laporan hasil pemilihan Rektor UPR kepada Kemendikbutristek. Dan tahapan terakhir, yakni penetapan dan pelantikan rektor UPR dengan jadwal penetapan rektor UPR terpilih oleh Kemendikbutristek, dan pelantikan rektor UPR,” ” pungkasnya. nvd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.