DPRD Pinta Pemanfaatan Aset Daerah di Optimalisasi

Anggota Komisi I DPRD Kotim Hendra Sia

SAMPIT-TABENGAN.COM-DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meminta Pemerintah Kabupaten Kotim untuk dapat mengoptimalisasi pemanfaatan aset daerah. Anggota Komisi I DPRD Kotim Hendra Sia mengatakan, pemanfaatan aset daerah di optimalisasikan maka akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Melalui optimalisasi pemanfaatan aset dapat meningkatkan keberhasilan pembangunan dan juga dapat memperbaiki pelayanan publik karena pendapatan asli daerah diterima langsung oleh daerah dan akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kotim,” ujarnya Kamis (24/3/2022).
Menurut Politisi asal Partai Perindo ini, jika Pemkab Kotim memiliki banyak aset yang bisa mendatangkan PAD jika dikelola dengan baik. Ia mencontohkan seperti bangunan pasar milik daerah, gedung, tanah atau fasilitas lainnya. Sebab lanjutnya jika barang milik daerah apabila dikelola dengan baik dapat memberikan peluang bagi pemanfaatan dan juga peningkatan PAD serta meningkatkan fasilitas publik.
“Namun jika tidak dikelola dengan semestinya, keberadaan aset justru menjadi beban biaya karena sebagian dari aset membutuhkan biaya perawatan dan pemeliharan serta akan terjadi penurunan nilai seiring dengan perjalanan waktu,” terangnya.
Selain itu, lanjut Hendra Sia, jika dalam upaya pembenahan dan pengelolaan aset daerah perlu ada komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah.
Menurutnya ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh pemerintah daerah, di antaranya kurang optimal pengelolaan aset daerah, kapasitas pengelola aset daerah belum memadai, penata usahan aset belum tertib dan optimal. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.