Kapuas  

Banjir Kapuas Meluas

ISTIMEWA WASPADA - Bencana banjir di Kabupaten Kapuas meluas. Selain merendam permukiman RT 01 Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, banjir ternyata juga menerjang 4 desa di Kecamatan Pasak Talawang

*4 Desa di Kecamatan Pasak Talawang Terendam
KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM- Bencana banjir di Kabupaten Kapuas meluas. Selain merendam permukiman RT 01 Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, banjir ternyata juga menerjang 4 desa di Kecamatan Pasak Talawang. Puluhan bahkan ratusan rumah hampir tenggelam.
Informasi diterima Tabengan, desa yang terendam yakni Desa Jangkang, Tumbang Diring, Dandang dan Desa Kaburan. Tingginya intensitas hujan menyebabkan DAS Kapuas meluap. Banjir di wilayah tersebut sudah terjadi sejak 3 hari ini.
Camat Pasak Talawang Dodo SP ketika dikonfirmasi, Senin (21/3), membenarkan terjadinya banjir di beberapa desa di wilayahnya akibat luapan DAS Kapuas.
Guna mengantisipasi adanya korban baik harta maupun jiwa, Dodo pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pasak Telawang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, terutama bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai.
“Walaupun kejadian banjir ini sudah kerap dirasakan oleh masyarakat setiap tahunnya, namun saya kembali mengingatkan kepada warga untuk tetap waspada menjaga kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian baik harta maupun korban jiwa,” katanya.
Menurut Dodo, banjir kali ini sebenarnya air sudah merendam jalan sejak 18 Maret lalu. Bahkan, air cenderung semakin naik hingga kurang lebih 1 meter bahkan lebih. Guna mengantisipasi, ia sudah pula mengingatkan para kepala desa untuk mengaktifkan posko-posko banjir yang ada di wilayah desanya masing-masing.
Terkait kejadian banjir ini, pihaknya telah berkoordinasi dan melaporkan kepada pihak BPBD Kabupaten Kapuas. Jika nantinya memang dirasa perlu bantuan-bantuan dalam hal penanganan, Pemkab sudah siap sebagaimana update data yang telah disampaikan. c-yul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.