Masyarakat “Serbu” Pasar Murah Minyak Goreng

ISTIMEWA VAKSINASI- Pihak Kecamatan Bukit Batu menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di sela kegiatan operasi pasar murah minyak goreng di halaman kantor kelurahan, Selasa (15/3).

*Sampai Pukul 2000 WIB Antrean Masih Ada
PALANGKA RAYA- Operasi pasar murah khusus minyak goreng, hasil kerja sama Pemerintah Kota Palangka Raya dan PT Citra Borneo Utama kembali digelar. Rabu (16/3), giliran Kecamatan Jekan Raya menyalurkan 23 ribu liter minyak goreng bagi masyarakat di 5 kelurahan.
Minyak goreng curah bersubsidi dengan harga Rp11.500 tersebut dibagikan sebanyak 5 ribu liter masing-masing di Kantor Kelurahan Palangka, Menteng, Bukit Tunggal dan Kecamatan Jekan Raya. Sedangkan di Kantor Kelurahan Petuk Katimpun, mendapatkan jatah 3 ribu liter.
Di Kelurahan Palangka, berdasarkan pantauan Tabengan, sejak pukul 08.00 WIB sudah “diserbu” ratusan masyarakat. Bahkan pada pukul 10.00 WIB, dari 1.000 kupon yang dibagikan kepada masyarakat sudah habis.
Lurah Palangka Akhmad Susanto mengatakan, antusiasme masyarakat untuk membeli minyak goreng subsidi sangat besar. Guna menyiasati agar pembagian minyak goreng merata pada 125 RT yang ada di wilayahnya, maka pihak kelurahan menerapkan sistem kupon yang dibagikan melalui ketua RT. Selanjutnya ketua RT akan membagikan kepada setiap KK di wilayahnya.
“Memang banyak warga yang datang akhirnya harus pulang karena kupon sudah habis. Di Kelurahan Palangka ada setidaknya 45 ribu jiwa atau 15 ribu KK. Jadi karena ketersediaan minyak goreng terbatas, tak semua warga kebagian,” jelas Susanto.
Tak pelak, ratusan warga tampak berkerumun di halaman kantor kelurahan sejak pagi. Pihaknya, kata Susanto, telah berusaha melerai kerumunan yang ada, meskipun telah menerapkan sistem kupon.
“Kerumunan ini kami berharap ke depannya bisa menjadi pembelajaran. Kelurahan Palangka akan memperbaiki sistem layanan dan distribusi pasar murah, sehingga masyarakat tetap bisa antri dengan aman tanpa khawatir terpapar Covid-19,” ujarnya.
Badriah, salah seorang warga yang ikut mengantre akhirnya harus kembali dengan tangan hampa. Saat dirinya datang ke kantor kelurahan untuk membeli minyak goreng subsidi ternyata diberlakukan sistem kupon dan stok yang tersedia juga telah habis dibagikan untuk 1.000 KK.
“Yah mau bagaimana lagi, mas. Saya tidak kebagian kupon. Semoga kalau ada pasar murah lagi saya bisa dapat,” ujarnya.
Dari pantauan Tabengan, hingga pukul 21.00 WIB masih tampak puluhan warga yang mengantre minyak goreng di Kelurahan Menteng, kerena kekurangan pasokan minya goreng.
Sementara itu, Camat Jekan Raya Sri Utomo mengimbau masyarakat agar tak perlu panik kehabisan stok minyak goreng subsidi sehingga berkerumun di lokasi distribusi pada satu waktu yang sama.
“Untuk pembagian di Kantor Kecamatan Jekan Raya, ini pertama kali. Memang ada kerumunan masyarakat. Ini jadi pelajaran bagi kami, tapi kondisi masih terpantau dan terkondisikan. Ke depannya sistem pendaftaran akan diperbaiki, mungkin dengan tali pembatas untuk mengurangi kerumunan. Kita akan evaluasi untuk sajikan penyaluran yang terbaik,” bebernya.
Sebelumnya, operasi pasar murah minyak goreng di Kecamatan Bukit Batu disertai dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada Selasa (15/3). Setiap warga yang datang untuk membeli minyak goreng murah itu disarankan mengikuti vaksinasi jika belum mendapatkan vaksin.
Camat Bukit Batu Hendrikus Satria Budi mengatakan, cara ini dilakukan agar bisa mempercepat progres capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah kecamatan yang membawahi 7 kelurahan tersebut.
“Intinya tidak wajib, tapi kita tanya dulu apakah mereka yang mau beli minyak goreng sudah vaksin atau belum. Kalau belum kita sarankan ikut vaksinasi,” katanya.
Dia menuturkan, penggabungan 2 kegiatan ini cukup direspons baik oleh masyarakat. Ada saja dari sebagian masyarakat yang mau antre beli minyak goreng juga bersedia disuntik vaksin Covid-19.
“Hari ini minyak goreng masih tersedia, bagi masyarakat yang membutuhkan bisa segera datang ke lokasi dengan membawa jeriken masing-masing,” ungkapnya.
Diketahui, Kecamatan Bukit Batu mendapatkan 25.695 liter minyak goreng dari PT Citra Borneo Utama. Operasi pasar tersebut dibagi pada 6 lokasi di tiap kelurahan, yakni Kelurahan Kanarakan, Sei Gohong, Tumbang Tahai, Habaring Hurung dan Marang. rgb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.