Waspada, Pancaroba Ancam Kesehatan

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Permata Hati Palangka Raya dr Regy Pradityo Adhie SpPD

PALANGKA RAYA- Cuaca tidak menentu menyebabkan sistem imun tubuh turun. Akibatnya orang mudah tertular virus dan diserang berbagai macam penyakit. Masyarakat sering abai dan tidak menyadari kondisi tersebut sehingga enggan untuk berobat.
Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Permata Hati Palangka Raya dr Regy Pradityo Adhie SpPD mengingatkan masyarakat perlu hati-hati, beberapa penyakit mengalami kenaikan kasusnya seperti demam berdarah dengue (DBD), flu, tifus, batuk disertai demam kemudian infeksi paru-paru. Belum lagi terinfeksi virus Covid-19.
“Kita harus hati-hati. Di masa pancaroba ini terutama untuk anak kecil usia 6 tahun dan usia 50 tahun ke atas, disarankan sekali untuk vaksinasi dengan vaksin flu dan vaksin pneumonia karena bisa terhidar dari terinfeksi virus akibat pancaroba karena imun seseorang cenderung turun,” kata Regy, Selasa (15/3/2022).
Sebelum mendapatkan vaksin flu dan pneumonia, lanjut Regy, yang perlu dijaga saat ini imun tubuh, mulai dari atur pola makan, konsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang menyebabkan kadar gula tinggi karena bisa menyebabkan imun tubuh menurun.
Selain itu, olahraga untuk meningkatkan imun dan juga vitamin, ada yang bisa didapatkan dengan gratis dengan berjemur untuk mendapatkan vitamin D sekitar 10-15 menit pagi hari karena dalam penelitian terbaru dapat memengaruhi sistem imun tubuh.
Menurut Regy, vitamin D sering sekali diabaikan, padahal dari hasil penelitian orang Indonesia yang tinggal di daerah tropis kadar vitamin D rendah, itulah salah satu penyebab sistem imun tubuh menurun.
“Yang perlu dijaga pola makan dan vitamin, olahraga dan istirahat yang cukup, ini sering dilupakan. Sebenarnya menjaga sistem imun kita itu banyak cara, tetapi 3 hal di atas paling mendasar kadang orang berpikir kalau ke rumah sakit bisa kena Corona. Padahal Corona ada di mana-mana,” imbuh Regy.
Apabila ada gejala keluhan tidak hilang meskipun sudah minum obat-obatan, Regy menyarankan perlu ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk memeriksakan diri. Jangan sampai terlambat dan menyepelekan karena menilai pola pikir di zaman sekarang ini, apalagi sedang ada pandemi, ke rumah sakit takut tertular virus Covid. yml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.