Memprihatinkan, Gaji Guru Honorer Agama Hindu Kemenag hanya Rp250 Ribu/Bulan

BUNTOK/TABENGAN.COM- Kepala Kantor Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barito Selatan (Barsel) Arbaja didampingi Turiseli Pengawas Pendidikan Agama Hindu mengatakan, gaji atau insentif para guru agama Hindu sangat minim jumlah nominalnya hanya sebesar Rp250 ribu perbulan.

“Kesejahteraan untuk guru honorer atau non PNS di bawah naungan Kemenag tersebut cukup memprihatinkan, mengingat jumlah insentif yang diterima tidak memadai, tetapi itulah realita hidup mengabdi di dunia pendidikan,” kata Arbaja Kamis (10/3/2022).

Dikatakanya, selama ini insentif atau gaji guru honorer bidang studi Pendidikan Agama di daerah ini, cukup mempritainkan, karena jumlah nilai nominalnya hanya berkisar Rp250 ribu per bulan, itupun mereka terima berdasarkan peraturan yang baru, insentif baru bisa diterima selama dua bulan sekali.

Kedepanya, pihak Kemenag  akan berupaya untuk mengusulkan kepada Pemerintah Daerah ini melalui intansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan agar bisa menambah jumlah nilai intensif untuk guru honorer bidang studi Pendidikan Agama, tentunya disesuaikan bagai mana mestinya.

“Secara umum para tenaga guru pendidik honorer bidang studi Pendidikan Agama, dan secara khusus guru pendidik Agama Hindu itu semua tergabnung di Kemenag, tetapi merka ini bertugas sebagai guru pendidik dibawah naungan Dinas Pendidikan,” kata Arbaja

Untuk itu kita berharap, pemerintah daerah bisa menambah jumlah nominal gaji guru honorer yang dimaksud untuk membantu kebutuhan prekonomian keluarga bersangkutan, kemudian juga perpanjangan kontraknya bisa terelaisasi setiap tahun, dan untuk para penyuluh dan tenaga guru bidang studi Pendidikan Agama hendaknya melaksnakan tugas dengan sebaik bainya, pungkas Arbaja. c-lis

TEKS FOTO

MEMPRIHATIMKAN-Kepala Kantor Kemenag Barsel Arbaja didampingi Turiseli Pengawas Pendidikan Agama Hindu menyerhakan berkas perpanjangan kontrak kerja guru honorer bidang sudi Pendidikan Agama Kamis (10/3).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.