HUKUM  

Suami Dituduh Mencuri Sawit, Isteri Laporkan Penyidik Polsek Katingan Tengah ke Propam

+Kades: Itu Tanah Saya, Dan Saya yang Menyuruh Mereka
PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Oknum Penyidik reserse kriminal di Polsek Katingan Tengah dilaporkan ke Bid Propam Polda Kalimantan Tengah, Jumat (11/3/2022). Pelaporan dilakukan oleh Garinda, istri yang dituduh mencuri buah kelapa sawit, didampingi Kades Tumbang Kalemei.
Kepada wartawan, Garinda mengatakan, laporan oknum penyidik Polsek Katingan Tengah ke Bid Propam didasari adanya dugaan tindakan tidak profesional dan prosedural yang dilakukan oleh oknum anggota Polsek Katingan Tengah.
Adapun wujud tindakan yang diduga tidak profesional dan prosedural adalah saat melakukan penangkapan terhadap suaminya, Jaya, dengan melakukan pemukulan dan upaya paksa untuk mengakui sebuah kejahatan.
“Suami saya dan dua rekannya diminta oleh Kepala Desa Tumbang Kalemei untuk mengambil buah sawit hasil panen di lahan kepala desa. Di tengah perjalanan tiba-tiba ditangkap oleh petugas keamanan PT Perusahaan dan anggota Polsek Katingan Tengah,” katanya.
Senada, Kepala Desa Tumbang Kalamei, Nur Jaya, mengungkapkan peristiwa berawal pada 3 Maret 2022. Saat itu dirinya yang memiliki lahan pribadi seluas 16 hektar meminta Jaya, Lori dan Harmoni untuk mengangkut tandan buah sawit yang telah dipanen di tempat penumpukan buah.
Setelah diangkut di tengah jalan, tepatnya di tengah kampung, ditangkap pihak perusahaan sama pihak anggota kepolisian dari Polsek Katingan Tengah.
“Mengetahui adanya penangkapan itu saya datang ke Polsek Katingan Tengah dan ternyata, ketiganya sudah ditahan di Polres Katingan,” urainya.
Ia pun menyayangkan perbuatan oknum penyidik yang melakukan penangkapan tersebut. Pasalnya, ia berani memastikan jika ketiga tidak melakukan pencurian dan hanya mengangkut buah sawit hasil panen dari kebun miliknya.
“Saya siap bersaksi, menghadirkan warga yang melakukan panen di kebun saya,” tegasnya.
Anehnya, dalam perkara ini,  Kepala Desa Tumbang Kalamei, Nur Jaya yang sudah beberapa kali mengaku, bahwa dirinyalah yang menyuruh ketiga tersangka itu, namun tidak juga dipanggil atau diperiksa pihak penyidik. fwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.