Pjs Bupati Malu Warganya Tinggal di Kandang Ayam

39
tinggal di bekas kandang ayam
Tampak sejumlah pegawai Dinas Sosial (Dinsos) Seruyan saat mengunjungi tempat tinggal Nuryana di bekas kandang ayam, Selasa (3/4). SERUYAN/BAMBANG

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung menyesalkan ada warga Seruyan yang tinggal di tempat yang tak layak. Penyesalan itu diungkapkan, setelah video Nuryana yang tinggal di bekas kandang ayam viral.

“Malu kita. Apalagi posisi tempat tinggalnya masih di dalam kota,” kata Leonard.

Leonard langsung menginstruksikan Sekda Seruyan dan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait untuk segera memberikan bantuan agar warga yang tadinya tinggal di bekas kandang ayam dapat hidup dengan layak.

“Walaupun yang bersangkutan tidak punya hak tanah, Pemkab Seruyan harus bisa memfasilitasi agar warga itu dibuatkan tempat tinggal layak,” ujarnya

Sementara, Dinas Sosial Seruyan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Heriyadi Zebua bersama beberapa stafnya, Selasa (3/4) mengunjungi gubuk Nuryana di Sungai Mitak, Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir.

Dinsos, katanya, akan segera mengupayakan kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk Nuryana serta warga lainnya, dan mengupayakan bantuan lainnya yang salah satunya bedah rumah.

“Kita sudah minta KTP dan KK-nya, dan nanti kita akan usahakan mengajukan Jamkesda untuk beliau … Kita akan mengusahakan semaksimal mungkin untuk membantu beliau yang pasti akan kita
upayakan agar secepatnya bisa dibantu,” tambah Heriyadi.

Selain itu, Dinsos juga berjanji akan mengusahakan bantuan agar anak Nuryana bernama Halimah yang saat ini duduk di bangku kelas tiga SMP dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. “Kita juga akan mengusahakan agar anak beliau jangan sampai nanti putus di tengah jalan,” terangnya.

Heriyadi mengaku tidak tahu ada warga yang mengalami keadaan seperti ini karena tidak ada informasi ataupun laporan ke Dinsos. “Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan pendataan kepada warga yang tidak mampu, sehingga kalau ada bantuan bisa merata yang menerima,” katanya.

Dia menginginkan agar warga bisa sabar menunggu proses dan bantuan bisa segera terealisasi. “Saya juga berharap agar masyarakat bisa memberi informasi apabila ada masyarakat yang mengalami keadaan yang seperti itu,sehingga dapat ditindaklanjuti,” paparnya. c-bam

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here