Golkar Duduki 3 Posisi Unsur Pimpinan

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng Hj Siti Nafsiah dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kalteng Hj Faridawaty Darland Atjeh

* NasDem Optimis Menang Pemilu

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Pergeseran Alat Kelengkapan Dewan (AKD) khususnya unsur pimpinan Komisi DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini telah mencapai kesepakatan. Salah satunya, Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil menduduki 3 posisi strategis dalam unsur pimpinan dewan.
Hal ini disampaikan Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng Hj Siti Nafsiah saat dikonfirmasi Tabengan, Selasa (1/3).
Menurutnya, 3 posisi unsur pimpinan yang ditetapkan melalui hasil rolling AKD yaitu Ketua Komisi III yang dipimpin olehnya, sebelumnya dijabat Duwel Rawing dari Fraksi PDI Perjuangan.
Kemudian, posisi unsur pimpinan lain yang diduduki Partai Golkar sesuai hasil rolling AKD Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng yang saat ini dijabat H Sudarsono, sebelumnya diduduki Hendri M Yoseph dari Fraksi Partai NasDem. Sedangkan unsur pimpinan utama dijabat oleh Wakil Ketua I DPRD Kalteng H Abdul Razak dan tidak mengalami perubahan.
“Saya ditugaskan Ketua Fraksi untuk menyampaikan hasil rolling AKD yang dilaksanakan kemarin. Di antaranya Komisi I terpilih Y Freddy Ering sebagai Ketua dan beliau diamanati untuk menunjuk Wakil Ketua dan Sekretaris. Komisi II terpilih H Achmad Rasyid dari Fraksi Gerindra sebagai Ketua, sebelumnya dijabat oleh Lohing Simon dari PDI Perjuangan, Wakil Ketua Sudarsono dari Fraksi Partai Golkar dan Sekretaris Pak Sengkon dari Fraksi Gabungan,” ucapnya.
Untuk Komisi III, sebut Nafsiah, posisi Ketua diduduki oleh Hj Siti Nafsiah dari Fraksi Partai Golkar yang sebelumnya ditempati Duwel Rawing dari PDI Perjuangan. Kemudian Wakil Ketua terpilih Siswandi dari Fraksi Demokrat dan Sekretaris Niksen S Bahat dari NasDem.
Sedangkan Komisi IV, Ketua terpilih HM Sriosako dari Fraksi Demokrat, sebelumnya dijabat Artaban dari PDI Perjuangan. Wakil Ketua Henry M Yoseph dan Sekretaris Tommy Irawan Diran dari Fraksi Gabungan.
“Tentunya Fraksi Partai Golkar bersyukur dan berterima kasih kepada fraksi-fraksi pendukung lainnya yang telah memberi kepercayaan kepada kami semua, sehingga terpilih sebagai pimpinan komisi, khususnya saya di Komisi III. Tentunya tanpa dukungan dari fraksi lain, hal ini tidak akan terwujud, sehingga ke depan saya berharap rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang telah dipupuk ini bisa terus dijalankan secara baik untuk bersama sama mengemban amanat masyarakat Kalteng,” ujarnya.
Dijelaskan, lembaga DPRD merupakan lembaga politis, di dalamnya demokrasi harus tetap dikedepankan, tanpa terkecuali diskusi politik juga menjadi bagian yang tak bisa ditinggalkan.
“Lembaga ini tidak bisa dijalankan oleh orang per orang atau kelompk per kelompok saja. Lembaga ini mesti bergerak secara bersama antara yang satu dengan yang lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, sehingga tercipta harmonisasi di dalamnya. Apabila harmoni sudah terbentuk maka segala tugas dan tanggung jawab yang dipikul akan menjadi lebih ringan. Segala sesuatu dapat dibincangkan dan diputuskan secara baik dan bijaksana,” tandasnya.
Selain itu, ia juga berkomitmen untuk melanjutkan visi misi Komisi III serta tanggung jawab dari kepemimpinan sebelumnya.
“Kepemimpinan sebelumnya sudah baik dan saya juga menjadi bagian dari kepemimpinan sebelumnya. Insya Allah saya lanjutkan segala yang sudah berjalan baik selama ini dan jikalau masih ada yang kurang saya dan teman teman lainnya tentu akan memperbaiki, khususnya dalam mengemban tugas-tugas kedewanan ini,” ujar Nafsiah.

NasDem Optimis Menang
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kalteng Hj Faridawaty Darland Atjeh menegaskan, NasDem akan berfokus pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.
Menurut Faridawaty, memenangkan Pemilu serentak 2024 merupakan target utama DPW Partai NasDem Kalteng, khususnya menambah jumlah kursi baik di DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota.
“Saat ini NasDem Kalteng memiliki 1 kursi di DPR RI, 5 kursi di provinsi dan total di seluruh kabupaten/kota 64 kursi. Kita juga sudah melaksanakan konsolidasi, hal tersebut merupakan langkah awal NasDem memacu semangat dalam menggerakkan mesin partai untuk menghadapi Pemilu, baik Pilpres, Pileg maupun Pilkada,” kata Faridawaty kepada Tabengan di gedung dewan, Selasa (1/3).
Wakil Ketua III DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, Fraksi NasDem sengaja tidak berfokus pada rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang dilaksanakan, belum lama ini. Hal tersebut bertujuan agar seluruh kader NasDem bisa fokus untuk memenangkan Pemilu 2024.
“Kita memang sengaja tidak fokus ke AKD, sehingga para kader tidak terbebani dengan tugas-tugas yang nantinya dilaksanakan setelah menduduki posisi unsur pimpinan Komisi. Intinya, kita kembali ke tujuan awal yaitu memenangkan Pemilu 2024 dan para kader bisa fokus ke situ terlebih dahulu,” ujarnya.
Kendati demikian, ia optimis dalam Pemilu 2024 mendatang Partai NasDem akan memenangkan ajang pesta demokrasi yang berlangsung setiap 5 tahun sekali tersebut. Itu ditunjukkan melalui langkah solid dari pengurus maupun kader NasDem.
“Intinya, saat ini NasDem sudah merapatkan sekaligus mengkokohkan barisan dalam menghadapi Pemilu 2024. Kita menargetkan tambahan 2 kursi di DPR RI termasuk juga di provinsi dan kabupaten/kota, dalam arti kita optimis menang,” pungkasnya. nvd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.