12 Pengunjung dan Karyawan Café Reaktif Covid-19

ISTIMEWA TES ACAK- Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya lakukan tes acak swab antigen kepada masyarakat pelanggar prokes, akhir pekan tadi.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Sepanjang akhir pekan kemarin, Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya kembali menggelar operasi yustisi dalam rangka memastikan kepatuhan masyarakat menjalankan disiplin protokol kesehatan (prokes).
Jumat (25/2) sore, tepat di Jalan G Obos area putar balik menuju Jalan Temanggung Tilung, digelar operasi yustisi yang menyasar masyarakat pengguna jalan yang beraktivitas di luar rumah tanpa memakai masker. Selama 2 jam kegiatan dari pukul 15.00-17.00 WIB, terjaring sebanyak 91 orang pelanggar yang tidak mengenakan masker saat melintas.
Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, para pelanggar prokes tersebut diberikan sanksi tegas. Sebanyak 33 orang di antaranya dikenakan sanksi denda administrasi sebesar Rp50 ribu dan 55 orang diberikan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu kebangsaan dan menghafalkan Pancasila. Sedangkan 3 orang lainnya mendapatkan sanksi teguran tertulis.
“Selain itu, Tim Satgas juga diperkuat oleh tim dari RSUD Kota. Kami melakukan tes antigen acak kepada masyarakat guna memastikan jika kondisi mereka saat beraktivitas dalam keadaan sehat,” kata Emi.
Setidaknya dari 102 orang yang menjalani swab antigen saat operasi yustisi tersebut, jelas Emi, 95 orang dinyatakan negatif Covid-19. Dan yang hasil pemeriksaannya positif/reaktif Covid-19 sebanyak 7 Orang.
“Pelanggar yang reaktif pada saat swab antigen, langsung dilakukan swab PCR di tempat. Hasilnya akan diberitahukan melalui pesan singkat SMS/WhatsApp ke nomor handphone masing-masing pelanggar,” bebernya.
Kemudian pada keesokan harinya, Sabtu (26/2) malam, Tim Satgas juga kembali melaksanakan operasi yustisi. Kali ini sasarannya kafe-kafe dan tempat hiburan malam (THM) yang kerap dipadati pengunjung dan anak muda saat bermalam Minggu. Apakah di tempat usaha tersebut sudah menjalankan prokes dengan disiplin dan mematuhi jam operasional tempat usaha selama PPKM Level 3, atau tidak.
Di Zoom Pool and Bar, sebagai titik pertama pemeriksaan ternyata masih terdapat aktivitas pengunjung, sehingga Tim Satgas mengimbau para pengunjung untuk membubarkan diri. Kemudian Tim Puskesmas Menteng juga melakukan swab antigen ke 29 orang pengunjung dan karyawan. Hasilnya, 25 orang dinyatakan negatif Covid-19 dan 3 orang pengunjung serta 1 karyawan dinyatakan positif/reaktif Covid-19.
Pengunjung dan karyawan yang reaktif/positif tersebut, kata Emi, diarahkan untuk isolasi mandiri dan harus datang pada Selasa (1/3) ke Puskesmas Menteng untuk penanganan pengobatan lebih lanjut.
Kemudian pukul 00.00 WIB, pihaknya kembali melanjutkan operasi yustisi di O2 Cafe and Sport Bar. Sambil membubarkan para pengunjung yang masih memadati kawasan tersebut, Tim Puskesmas Menteng kembali melakukan swab antigen pada 27 orang pengunjung dan karyawan THM. 26 orang dinyatakan negatif dan 1 orang pengunjung diketahui positif/reaktif, serta diwajibkan memeriksakan diri lebih lanjut di Puskesmas Menteng pada Selasa (1/3).
“Beberapa THM lain di malam Minggu ini sudah menaati jam operasional. Sudah tidak ada yang buka di atas pukul 12 malam. Untuk kegiatan swab antigen acak, akan kami gencarkan kembali ke sejumlah tempat keramaian. Nantinya juga akan dibarengi dengan vaksinasi,” pungkas Emi. rgb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.