Komisi IV Soroti Kinerja Bappelitbangda Kotim

Ketua Komisi IV DPRD Kotim Muhammad Kurniawan Anwar

SAMPIT/TABENGAN.COM-Komisi IV DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyoroti kinerja Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat yang dinilai minim dalam menyerap suara masyarakat.
Ketua Komisi IV DPRD Kotim Muhammad Kurniawan Anwar mengatakan, jika pihaknya sampai saat ini masih belum melihat adanya inovasi program dalam instansi tersebut.
Padahal menurut dia, seharusnya instansi tersebut sudah melakukan terobosan yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Terlebih saat ini Bappelitbangda sudah diduduki oleh pimpinan yang definitif.
“Harus ada ada gagasan yang bisa dirasakan hingga ke masyarakat terutama yang berada di pedesaan, ini kalau sampai saat ini kami lihat masih stagnan,” ujarnya, Selasa (22/2/2022).
Kurniawan memberi saran, menurutnya bisa saja Bappelitbangda membuat perencanaan agar tiap desa masing-masing memiliki program unggulan. Ia mencontohkan, semisal suatu desa memiliki unggulan dalam ternak ikan maupun ayam, maka hal tersebut dapat ditonjolkan sehingga menjadi ciri khas suatu desa.
“Di Kotim semestinya desa dipetakan yang memiliki produk unggulan. Seperti ada desa yang penghasil ikan, ayam, telur, sayur, beras, dan lain-lain.
Sehingga, apabila desa tersebut memiliki produk unggulan, maka Bappelitbangda bisa memberikan arahan yang jelas,” tegasnya.
Jika semua desa sudah terpetakan, lanjut politisi asal PAN tersebut, maka Pemkab dapat merancang alur pembinaannya. Bisa dimulai dari bantuan ke petani, hingga pembangunan infrastruktur agar mempermudah proses dari perkebunan menuju pasar dan keperluan lainnya. Namun yang saat ini ia lihat justru hasil musrenbang desa dan kelurahan saja banyak yang tidak terakomodir dengan baik.
“Jadi selama ini apa saja yang dilakukan Bappelitbangda? Masa mau seperti ini terus. Harus ada perubahan,” pintanya.
Oleh sebab itu, kata Kurniawan, dalam waktu dekat Komisi IV sebagai representatif dari masyarakat akan merencanakan rapat kerja evaluasi kinerja 2021 dan capaian tahun anggaran 2022. Dengan itu anggaran yang selama ini digunakan Bappelitbangda dapat berdampak positif kepada masyarakat. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.