BK DPRD Kotim Pinta Kehadiran Anggota Lebih Aktif

Ketua BK DPRD Kotim M Abadi dan Wakil Ketua BK DPRD Kotim H Ramli

SAMPIT/TABENGAN.COM-Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta tingkat kehadiran para anggota DPRD dapat kembali ditingkatkan.Ketua BK DPRD Kotim M Abadi mengingatkan kepada para anggota DPRD Kotim untuk menjalankan kewajibannya dalam mengikuti agenda-agenda kerja DPRD Kotim.
Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat sebagai konstituen mereka bisa diperjuangkan sesuai amanah yang telah diberikan kepada masing-masing anggota DPRD.
“Kenapa ini perlu di ingatkan jangan sampai karena adanya masalah polemik alat kelengkapan dewan menjadi alasan untuk tidak melaksanakan kewajiban sebagai anggota DPRD Kotim,” terangnya Kamis (17/2/2022).
Sementara itu Wakil Ketua BK DPRD Kotim H Ramli menambahkan, jika mengacu dengan ketentuan bahwa anggota DPRD mempunyai kewajiban yang di atur di dalam Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2014 tentang majelis permusyawaratan rakyat, DPR, DPD dan DPRD dimana kewajiban anggota diatur dalam Pasal 373 diantaranya menaati tata tertib dan kode etik, menjaga etika dan norma dalam hubungan kerja dengan lembaga lain dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota hingga menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.
“Kemudian juga menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat dan memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya,” terang politisi asal PKB tersebut.
Kemudian mengenai sanksi, menurutnya juga diatur dalam Pasal 401, yakni anggota DPRD kabupaten/kota yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 373 dikenai sanksi berdasarkan keputusan Badan Kehormatan.
“Kita berharap semua anggota dapat dengan tertib mengikuti aturan yang sudah berlaku, agar semua dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.