Warga Suhada Temukan Bayi Perempuan Dekat Parit

TABENGAN/PRAS MIRIS – Sosok bayi ditemukan dibuang dipinggir parit di Gang Suhada Jalan Hj Imran, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sabtu (13/2/2022) siang

SAMPIT/TABENGAN.COM – Sesosok bayi perempuan yang diduga dibuang oleh orang tuanya sendiri. Saat ditemukan warga, bayi dalam kondisi  memprihatinkan, tergeletak dipinggir parit di Gang Suhada Jalan Hj Imran, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, pada Sabtu (13/2) siang.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Tabengan di lapangan, warga setempat bernama Gusmiyati (40) mengatakan, bahwa penemuan ini diketahui sekitar pukul 13.00 WIB.
“Saat itu saya hendak pergi ke masjid, namun tetangganya bernama Imam berteriak menemukan kardus yang berisikan bayi,” tutur Gusmiyati.
Mendengar itu, Gusmiyati langsung mendatangi ke lokasi bersama warga sekitar. Karena penasaran, ibu rumah tangga (IRT) ini memberanikan diri membuka kardus untuk mengecek kondisi bayi yang nyaris saja terjatuh ke dalam parit tersebut.
“Karena penasaran mas dan gak ada yang berani juga, ya saya buka kardusnya. Ternyata bayi itu masih hidup, terus kebetulan sekali ada bidan Puskesmas lewat, dan lalu dibawa lah langsung ke Puskesmas Ketapang 2,” ungkapnya di hadapan awak media.
Menurut warga, bayi malang tersebut diduga baru saja dilahirkan. Pasalnya, ketika ditemukan masih ada tali pusarnya juga disertai dengan plasenta (ari-ari).
Ketika di Puskesmas, dr Siti Rahma langsung memberikan penanganan intensif. Menurut dokter, saat ditemukan bayi dalam keadaan kondiasi gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal . (Hipoglikemik) dan keadaan suhu tubuh dibawah 36,5 (Hipotermi).
“Kondisi bayi, kekurangan cairan dan kekurangan panas juga, ada kehilangan panas jadi sempat terjadi hipotermia istilahnya. Tapi kondisinya sudah stabil. Untuk berat sendiri 2,8 kilo, panjang 45 meter, berjenis kelamin perempuan,” jelas dr Siti Rahma.
dr Siti Rahma, juga mengungkapkan kekesalannya terhadap pelaku yang tega membuang bayi lucu itu.
“Ini sudah dikasih anak malah dibuang dengan seenaknya gitu. Aduh rasanya miris sekali. Ini menurut saya sebagai ibu, kalau dari sisi medis ini perbuatan yang tidak benar. Karena menelantarkan anak otomatis anaknya kasian. Dan ibunya saat ini pun tidak tahu apa kondisinya, ” ungkapnya.
Disisi lain, Kapolsek Ketapang, Kompol Samsul Bahri telah memerintahkan anggotanya untuk menyelidiki kasus tersebut. Bahkan sejumlah barang bukti di TKP telah diamankan untuk dijadikan sebagai petunjuk.
“Pelaku masih dalam lidik. Kami juga menggali informasi di lapangan untuk mencari pelaku,” pungkasnya.prs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.