PATROLI PROKES- Satpol PP Tegur Warga Tidak Pakai Masker

Petugas Satpol PP Kalteng melakukan patroli prokes di lokasi keramaian publik untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Palangka Raya, Kamis (10/2). ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada awal Februari 2022 ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalteng mengintensifkan patroli sosialisasi dan edukasi, serta pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) 5M di tempat publik.

Kepala Satpol PP Kalteng Baru I Sangkai menyampaikan, patroli yang dilakukan oleh tim Satpol PP Kalteng bentuk tindak lanjut atas arahan Presiden RI dan Gubernur Kalteng, berupa patroli sosialisasi dan pengawasan prokes di tempat publik.

Tempat publik yang menjadi sasaran patroli adalah lokasi yang sering menjadi pusat keramaian, atau daerah rawan penularan/penyebaran Covid-19.

Beberapa di antaranya, sebut Baru, Kompleks Pasar Besar Palangka Raya, Kompleks Pasar Rajawali dan Palangka Raya Mall (Palma). Ketiga lokasi ini menjadi yang ditargetkan dalam patroli, demi menekan penyebaran virus Covid-19 di Kalteng, khususnya di Palangka Raya. Patroli tidak hanya sekali saja dilaksanakan, dijadwalkan akan secara berkesinambungan.

“Fokus kita, melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan 5M, terutama dalam hal penggunaan masker yang baik, dan benar ketika berada di tempat keramaian. Mengedukasi tentang betapa pentingnya vaksinasi Covid-19 secara lengkap dalam pencegahan penularan Covid-19. Menghimbau agar mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat, apabila mengalami gejala batuk, pilek dan demam supaya segera ditangani dengan cepat dan tepat,” kata Baru, saat menyampaikan agenda Satpol PP Kalteng dalam mendukung penyebaran virus Covid-19 di Kalteng, Jumat (11/2) di Palangka Raya.

Hasil patroli yang dilakukan, kata Baru, ditemukan beberapa masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan yakni tidak menggunakan masker. Tindakan yang dilakukan oleh anggota, memberikan teguran lisan, dan mengimbau kepada masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Penggunaan masker wajib dilakukan saat di luar rumah atau saat berada di pusat keramaian.

Baru berharap, dengan adanya patroli dari Satpol PP Kalteng yang ke depannya akan dilaksanakan secara rutin ini, nantinya dapat membantu menyadarkan kembali masyarakat, terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan 5M. Khususnya memakai masker, serta masyarakat segera divaksinasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.ded

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.