SISKANHAMRATA-Teras Tanyakan Peran Kalimantan pada Panglima TNI

AGUSTIN TERAS NARANG

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa hadir pada rapat kerja dengan Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Selasa (8/2), di Jakarta. Ada sejumlah hal yang menjadi pertanyaan Senator Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang kepada Panglima TNI berkenaan dengan masalah keamanan.

Teras mengatakan, partisipasi masyarakat adalah bagian penting dari Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Siskanhamrata). Dapat pula dikatakan sebagai bagian dari prinsip sharing the burden atau dalam bahasa kerakyatan dikenal dengan sebutan gotong royong dalam mempertahankan kedaulatan negara.

Menanggapi salah satu poin paparan Jenderal Andika Perkasa, kata Teras, terkait kurang berimbangnya jumlah prajurit dibandingkan dengan seharusnya bentang wilayah negara kita yang amat luas. Pertahanan negara dan batas wilayah memang menjadi bagian dari diskusi dalam kesempatan ini.

“Momen ini saya turut mempertanyakan kebijakan afirmatif dari Panglima TNI dalam melibatkan dan memberdayakan pemuda Kalimantan. Mengingat beliau juga pernah bertugas memimpin sebagai Pangdam XII Tanjungpura yang meliputi wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalteng,” kata Teras, menyampaikan hasil pertemuan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, via WhatsApp, Rabu (9/2/2022).

Menurut Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini, hal itu disampaikan di tengah perbedaan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berbeda setiap daerah. Baik karena aspek infrastruktur, pendidikan yang masih belum setara, maupun karena infrastruktur lain seperti energi, hingga jalan yang lebih berkualitas dan merata seperti di Jawa.

Teras mengatakan, Panglima TNI tentu diharapkan dapat melihat kesenjangan ini dalam memutuskan penerimaan, hingga perkembangan karier putra-putri daerah Kalimantan, yang berkarya bagi bangsa melalui TNI. Jadi sungguh, perlu kiranya satu kebijakan yang berpihak pada masyarakat di daerah.

Lebih jauh soal perkembangan SDM, urai Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng ini, penting agar kiranya prajurit TNI yang ditugaskan pada tingkat paling bawah, adalah yang memiliki kualitas sesuai kebutuhan wilayah. Mereka dapat juga menjadi bagian dari transfer of knowledge dan penggerak perubahan.

Hadirnya prajurit seperti Babinsa, ujar Teras, masyarakat dapat terbantu. Prajurit TNI di tingkat terbawah sekalipun, dapat menjadi jembatan emas pula bagi masyarakat untuk hidup yang lebih baik. Dapat pula sebagai pendukung masyarakat dalam melakukan quantum leap atau lompatan besar untuk peningkatan pengetahuan maupun kesejahteraan masyarakat.

Kebijakan yang berpihak dan menggerakkan perubahan bagi masyarakat adalah bagian dari upaya TNI menghadirkan perlindungan serta pemberdayaan negara. Dengan demikian, masyarakat merasa menjadi bagian penting dari Siskanhamrata. Apresiasi dan harapan besar saya pada panglima TNI. TNI Manunggal bersama rakyat, membangun NKRI menjadi lebih hebat. ded

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.