Kobar Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir

ISTIMEWA MENJAGA KEARIFAN LOKAL - Tradisi ‘menyandau’ durian, salah satu wujud kearifan lokal Kobar yang terus dilestarikan. Tampak Bupati Kobar Nurhidayah bersama H.M Ruslan AS yang juga  Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalteng.

PANGKALAN BUN/TABENGAN.COMBupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah kembali menyalurkan bantuan hibah kepada para pelaku usaha perikanan di di Desa Sebuai Timur, sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kobar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program.

Tidak hanya itu, kegiatan ini sekaligus menjadi wujud pelaksanaan janji politik  Pasangan Nurani di masa pemerintahannya. Salah satunya menyasar prioritas pembangunan sektor perikanan, sesuai visi misi pemerintahan Nurani untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pesisir dan pelaku usaha perikanan di Kobar.

“Sejak kami menjabat, mulai Mei 2017 hingga saat ini, Pemkab Kobar telah menyalurkan berbagai sarana produksi untuk pelaku usaha perikanan,” kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah, kemarin.

Menurut Nurhidayah, hingga akhir 2021 telah diserahkan sebanyak 200 kapal, 20.240 alat tangkap yang terdiri dari 12.014 pice jaring ikan, 13.225 unit pengilar/bubu serta 10 unit alat tangkap rawai. Di samping itu, direncanakan sampai akhir 2022 akan diserahkan sebanyak 334 mesin kapal dan 133 alat bantu penangkapan.

“Keberhasilan usaha perikanan adalah tujuan kami dalam memberikan stimulus usaha agar secara umum mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Nurhidayah.

Dia menyebutkan, selama 5 tahun ini telah terfasilitasi sebanyak 312 pelaku usaha perikanan tangkap yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB), 171 Pokdakan dan 39 Poklahsar.

Pemerintah daerah juga telah menyerahkan sarana dan prasarana budidaya perikanan sebanyak 193,9 ton pakan ikan, 3.079.000 ekor benih ikan/udang, 4.400 ekor indukan dan sarana budidaya kolam terpal sebanyak 124 unit dengan produktivitas 189,3 ton ikan konsumsi dan 2.000.000 ekor benih ikan.

Bagi pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan juga telah diserahkan sarana peralatan pengolahan berupa cold box, container box, freezer, kulkas, lemari etalase, mesin penggiling ikan, mesin pengiris kerupuk dan mesin pembuat abon. c-uli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.