Ular Sanca Nyaris Mangsa Kelinci Warga

113
Ular kotim
Warga saat menangkap ular sanca yang hendak memangsa seekor kelinci di Jalan Ir H Juanda Gang Rambai 5, Sampit. TABENGAN/ARBIT SAFARI

SAMPIT/tabengan.com – Warga Jalan Ir H Juanda, Gang Rambai 5, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, sempat dihebohkan oleh seekor ular sanca yang hendak memangsa kelinci peliharaan warga setempat, Sabtu (31/3) malam lalu. Beruntung ular jenis sanca kembang tersebut berhasil ditangkap warga.

“Awalnya kelinci yang ada di dalam kandang tersebut seperti gelisah, tidak seperti biasanya. Saat itu kondisi malam hari, jadi agak gelap, ular sanca itu tidak begitu terlihat. Setelah saya dekati kandang kelinci tersebut, ternyata ada ular di dekatnya. Setelah itu, saya minta tolong tetangga untuk menangkap ular itu,” terang Siti, warga Gang Rambai 5, pemilik kelinci tersebut, Senin (2/4) pagi.

Warga sekitar yang mendengar teriakan ada ular yang akan memangsa hewan peliharaan langsung berdatangan untuk menangkapnya. Salah seorang warga kemudian berhasil menangkap ular sanca sepanjang 1,5 meter tersebut. Penangkapan ular tersebut sempat menjadi tontonan warga setempat.

“Untung ularnya tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu kesulitan menangkapnya,” terang Amang Umang, warga Gg Rambai 5 yang menangkap ular sanca tersebut.
Menurutnya, ular sanca yang ditangkap tersebut tergolong liar dan masih kecil. “Mudah-mudahan sudah tidak ada lagi uar sanca lainnya di sekitar sini. Karena biasanya kalau ular masih kecil seperti ini tidak jauh dari induknya atau kelompoknya,” terangnya.

Kawasan Gang Rambai 5 memang berjarak tidak jauh dari Sungai Mentaya. Diperkirakan ular sanca tersebut berasal dari semak-semak yang ada di kawasan tersebut.

“Sebelumnya jarang terlihat ada ular sanca, apakah datangnya dari Sungai Mentaya atau dari semak-semak di sekitar sini kita juga belum tahu,” tandasnya. c-arb

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here