POSITIF COVID-Dua Penumpang Pesawat Lolos Pemeriksaan

TABENGAN/YULIANUS DIPERIKSA - Suasana Bandara Tjilik Riwut pada pemeriksaan saat keberangkatan penumpang

* Dari Bandara Surabaya dan Jakarta

* Terjaring Tim Satgas Covid-19 Kalteng di Bandara Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus bermunculan. Tim Satgas Covid-19 Kalteng menjaring 2 penumpang pesawat terkonfirmasi positif Covid-19 yang baru tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, dari bandara Surabaya dan Jakarta, Senin (7/2).

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Eries Hermawandi melalui stafnya, Riyan menyampaikan, pihaknya terus  mendukung pemerintah daerah dalam memfasilitasi kegiatan para petugas KKP sesuai edaran Gubernur Kalteng untuk melaksanakan tugas.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi temuan Satgas Covid-19 Kalteng tentang adanya 2 orang penumpang yang positif Covid-19 dan masuk ke Provinsi Kalteng melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

“Dalam hal ditemukannya kasus, maka seperti yang telah dikemukakan Dinkes akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang ada,” ujar Eries, Selasa (8/2/2022).

Diketahui, penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu 1 orang dari penerbangan siang dan 1 lainnya penerbangan sore. Mereka merupakan warga yang berdomisili di Palangka Raya dan Aceh Selatan, seperti data yang tertera pada kartu identitas KTP masing-masing.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedi membenarkan temuan hasil pemeriksaan tersebut.

“Benar, berdasarkan hasil pemeriksaan petugas yang terdiri dari unsur Dinkes, Polda, Dishub, Pol PP, BPBPK, dan KKP ditemukan 2 orang positif berdasarkan tes antigen,” ujarnya, saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan penumpang pesawat yang dilakukan Satgas Covid-19 Kalteng, Selasa.

Temuan tersebut, ungkap Yulindra yang juga salah satu anggota Satgas Covid-19 Kalteng, berdasarkan pemeriksaan acak dari 551 penumpang yang datang melalui Bandara Tilik Riwut Palangka Raya.

Dijelaskan, upaya pengetatan pintu masuk dari luar Kalteng, baik melalui jalur udara, laut dan darat merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor 443.1/07/Satgas Covid-19 Tanggal 4 Februari 2022 tentang Peningkatan Penanganan Covid-19 di Wilayah Provinsi Kalteng.

Sementara  itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul menyebutkan, sebagai tindak lanjut perlakuan terhadap 2 orang penumpang tersebut akan mengikuti prosedur yang berlaku.

“Satu orang langsung dirujuk ke Rumah Sakit Doris Sylvanus untuk
dilakukan tes PCR, dan 1 orang akan melakukan isolasi mandiri selama 10 hari di bawah pantauan Satgas. Sementara untuk tracing kontak erat, kami koordinasikan dengan Satgas Kota Palangka Raya untuk melakukan tracing,” ujar Suyuti. ded/dsn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.