HUKUM  

Razia THM, Satgas Bantah Tebang Pilih 

Emi Abriyani 

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Tim Satgas Covid-19 pada Minggu (30/1) dini hari, kembali melakukan penindakan dan pemberian sanksi teguran lisan kepada tempat hiburan malam (THM) yang kedapatan melanggar protokol kesehatan (prokes) sesuai Perda Kota Nomor 7 Tahun 2021. Selain melanggar prokes, THM tersebut juga melanggar batas jam operasional hingga pukul 24.00 WIB.

“Tampaknya disiplin prokes di masyarakat sudah mulai mengendur. Mulai terlihat kerumunan di titik-titik tertentu. Padahal saat ini kita ada dalam bayang-bayang varian Omicron. Selama ini pantauan Tim Satgas, yang melanggar prokes aturan ya itu-itu saja,” kata Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani, Minggu (30/1).

Hingga saat ini, lanjut Emi, Tim Satgas masih melakukan pengawasan prokes maupun operasi yustisi tanpa pandang bulu. Selain bertindak melalui inspeksi mendadak pada titik-titik rawan terjadinya pelanggaran prokes, Tim Satgas juga bergerak atas aduan dari masyarakat yang turut berpartisipasi mengawasi penerapan disiplin prokes.

“Tak ada tebang pilih dari Tim Satgas atas pelanggaran prokes dan aturan. Bahkan, masyarakat sering memberikan laporan kepada kami dan meminta untuk ditindaklanjuti karena khawatir adanya klaster baru sebaran Covid-19. Pelaku usaha kita banyak kok yang bisa disiplin terhadap prokes dan aturan, namun sebagian masih abai,” bebernya.

Terlebih dengan meningkatnya kasus varian Omicron di Tanah Air, tegas Emi, maka pihaknya akan kembali memperkuat pengawasan disiplin prokes. Pemko tak ingin ledakan kasus kembali terjadi layaknya pertengahan tahun 2021 silam.

“Operasi yustisi, baik kepada pelaku usaha, individu maupun kegiatan masyarakat akan kami tingkatkan kembali. Untuk itu, kami juga meminta masyarakat agar dapat memahami kondisi saat ini dengan selalu taat prokes 5 M, mengingat beberapa saat yang lalu indikasi masuknya varian Omicron di sini mulai ada,” pungkasnya.

Sementara itu dalam pantauan Tabengan, pada minggu malam hingga pukul 04.00 WIB masih ada beberapa THM yang masih buka namun tidak tersentuh petugas. rgb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.