Peringati 1 Abad Perguruan, PSHT Gelar Donor Darah

DONOR DARAH- Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) saat menggelar donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kotim, Sabtu (30/1) lalu. TABENGAN/PRASGIANTORO

SAMPIT/TABENGAN.COM- Pencak Silat merupakan beladiri nusantara yang sejak dahulu telah ada. Di era modern, pencak silat di Indonesia memiliki banyak perguruan, dan merupakan olahraga yang kerap diperlombakan baik tingkat nasional dan internasional.

Namun tak hanya itu, meski Pencak Silat lebih condong pandai beladiri dan pandai bertarung, berkat edukasi yang baik dalam perguruan, sehingga menciptakan pendekar yang tangguh dan memiliki jiwa sosial tinggi.

Seperti contohnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), salah satu perguruan yang bernama Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan melakukan donor darah di PMI Kotim, pada Sabtu (30/1) lalu. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga dan siswa di seluruh ranting Kota Sampit.

Kepala Cabang PSHT Kotim Susanto mengatakan, kegiatan sosial donor darah tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi yang ke-100 tahun PSHT yang berdiri sejak tahun 1922.

”Jadi, kegiatan ini sekaligus mengajarkan bentuk sosial warga PSHT. Selain berlatih bela diri, juga menghadirkan sifat peduli antarsesama, salah satunya yakni donor darah,” terangnya.

Menurut Susanto, selain untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga PSHT dan masyarakat Kotim, donor darah adalah tindakan mulia yang bisa menyelamatkan jiwa manusia. Ke depan kegiatan ini rencananya akan menjadi agenda tahunan.

“Kami berharap, dengan menyambut usia ke-100 tahun atau 1 abad PSHT, kami selalu bisa memberikan sumbangsih untuk negeri ini, khususnya di wilayah Kabupaten Kotim, baik melalui kegiatan sosial,” pungkasnya.

Sementara, dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PSHT Cabang Kotim Susanto, didampingi Ketua Dewan PSHT Cabang Kotim Harsono, S.Pd dan diikuti 300 warga pendekar PSHT. c-prs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.