Ajarkan Warga RT 07 Kelurahan Menteng Berdemokrasi dengan Pemilihan RT

Masyarakat RT 07/RW 06 di Jalan G Obos Kelurahan Menteng, menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua RT 07, Jumat (28/1). RONNY GUNTUR

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Bertujuan memberikan pendidikan politik dan demokrasi yang baik kepada masyarakat, khususnya warga di Jalan G Obos RT 07/RW 06 Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, panitia menggelar Pemilihan Ketua RT yang dilakukan mirip dengan Pemilihan Umum atau Pemilu pada saat memilih anggota legislatif dan kepala daerah.

Antusias warga setempat yang memiliki hak suara sangat tinggi. Terbukti 158 orang warga berduyun-duyun menyumbangkan hak suaranya pada Pemilihan Ketua RT 07 untuk masa bakti dua tahun ke depan pada Jumat (28/1) sore. Untuk calon Ketua RT, terdapat 4 calon yakni Matias S Gaman, Itayani T Dalib, Tiwiah dan Hadi Soewito.

Ketua Panitia Pemilihan RT 07, Jimmy Kaharap mengatakan, Pemilihan Ketua RT dengan sistem Pemilu tersebut merupakan pertama kalinya dilakukan di wilayahnya.

“Selain itu, Pemilihan Ketua RT ini juga bertujuan mengajak masyarakat belajar pendidikan politik dan demokrasi. Mengajarkan pentingnya partisipasi menyumbangkan hak suara untuk kepentingan bersama,” ujar Jimmy.

Ketua RW 06 pun, dikatakannya, berpesan kepada seluruh kandidat yang nantinya akan terpilih sebagai Ketua Rukun Tetangga untuk dapat menjadi sosok yang mengayomi warganya serta dapat menjadi jembatan dalam pelayanan pemerintahan bagi masyarakat di RT 07.

“Bapak Ketua RW 06 juga berpesan kepada Ketua RT terpilih, bisa kembali mengaktifkan Siskamling. Tujuannya agar keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bisa senantiasa terjaga, dan mengantisipasi adanya gangguan yang berdampak negatif bagi warga RT 07,” katanya.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari. Dalam kesempatan perdananya bertemu tatap muka bersama warga RT 07, ia menyampaikan sejumlah harapan bagi Ketua RT terpilih.  RT sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah pada tingkat terbawah, harus mampu menjadi penghubung pada saat warganya membutuhkan layanan pemerintahan 1×24 jam.

“Ketua RT nanti akan erat kaitannya dengan pelayanan administrasi maupun pendataan warganya. Harus aktif ya apabila warganya membutuhkan,” tutur Rosalinda.

Tepat pukul 16.30 WIB, proses pemungutan dan penghitungan suara selesai. Dari 158 jumlah suara yang masuk, 153 dinyatakan sah dan 5 suara rusak. Matias S Gaman terpilih menjadi Ketua RT 07 dengan raihan 49 suara. Unggul tipis dari saingan terdekatnya, Hadi Soewito yang meraih 47 suara.

Ketua RT terpilih, Matias menuturkan akan melaksanakan roda kepemimpinan dilingkungan RT 07/RW 06 dengan optimal dan sebaik-baiknya sesuai harapan dan keinginan masyarakat setempat.

Matias sendiri rupanya memiliki sejumlah visi, misi dan program yang akan dijalankannya selaku ketua RT 07. Dengan visi menciptakan serta mewujudkan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat guna menciptakab lingkungan yang aman, nyaman, saling peduli dan bertoleransi tinggi.

“Saya akan berusaha menjaga kerukunan warga dengan kegiatan yang positif, melayani dengan jujur dan transparan, aktif mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan, melakukan pendataan dan menyakurkan bantuan ke masyarakat dengan tepat sasaran, serta menjalin kebersamaan dan konunikasi bersama kelurahan dan kecamatan,” pungkasnya. rgb

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.