DPRD Kotim Berharap Program Pembangunan Segera Berjalan

TABENGAN/MAYA SELVIANI KONTRAK - Ketua DPRD Kotim Rinie ketika menyaksikan penandatangan kontrak pengadaan barang dan jasa kemarin

Rinie: Taati Aturan, Jaga dan Kelola Anggaran dengan baik

SAMPIT/TABENGAN.COM-Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rinie berharap program pembangunan di tahun 2022 dapat segera mulai dijalankan.

Hal tersebut dikatakannya untuk mengingatkan supaya tidak terjadi penumpukan program di akhir tahun nantinya.

“Mulai awal tahun ini semua dapat dijalankan. Hal ini juga untuk menghindari penumpukan anggaran yang kerap terjadi di akhir tahun,” ujar Selasa (18/1/2022).

Rinie juga meminta, supaya Pemkab Kotim dapat memaksimalkan penyerapan dan pengelolaan anggaran di tahun 2022.

Untuk itu, Rinie mengingatkan Pemkab juga melalui masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Kotim, untuk dapat membuat rencana aksi penyerapan anggaran dan kelengkapan administrasi.

Hal itu menurutnya demi meningkatkan kualitas belanja daerah dengan memastikan alokasi anggaran, agar benar-benar dapat dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang memiliki nilai tambah yang besar bagi masyarakat.

“Kalau dibuat rencananya di setiap SOPD, maka sudah otomatis sudah tersusun program kerja apa saja nanti yang akan dilaksanakan,” sebutnya.

Hal penting lainnya untuk menunjang penyerapan anggaran bisa terlaksana dengan baik, kata Rinie, yakni dengan meningkatkan kompetensi seluruh aparatur, utamanya untuk meningkatkan kualitas belanja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Rinie terus mengingatkan kepada seluruh SOPD, agar dapat menggunakan, mempelajari dan memahami anggaran dengan sebaik-baiknya. Juga memahami dan mentaati aturan yang menyangkut penggunaan anggaran. Begitu pula untuk pengelolaan dana APBN yang jumlahnya cukup besar, agar dapat dikelola dan digunakan sungguh-sungguh dengan patut dan tepat.

“Saya berharap para pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran  dan siapapun yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelola keuangan dengan baik,” harapnya. c-may

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.