Syahbana Ajak Masyarakat Tanami Lahan Tidur

Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Syahbana

SAMPIT/TABENGAN-Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Syahbana mengajak masyarakat yang memiliki lahan tidur atau tidak produktif untuk dapat dimanfaatkan dengan baik untuk ditanami.

Ia mencontohkan agar masyarakat dapat menanami sejumlah komoditi tanaman, salah satunya  kelapa sawit yang saat ini memiliki harga jual yang bagus di tingkat petani.

“Daripada dibiarkan menjadi lahan kosong  lebih baik lahan kosong ditanam.  Dengan luasan satu hektare ditanami kelapa sawit misalnya, pasti menguntungkan dan  bisa meringankan biaya dapur,” kata Syahbana, Minggu (16/1).

Dia menyebutkan, saat ini masih ada ribuan hektare lahan milik masyarakat yang dibiarkan dan tidak dimanfaatkan. Sehingga setiap tahunnya lahan tersebut selalu menjadi langganan lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Syahbana, jika lahan tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi kebun, maka potensi terjadinya karhutla juga minim.

“Di Kecamatan Cempaga saja, setahu saya masih banyak lahan terlantar milik masyarakat yang tidak ditanam,”katanya.

Dikatakan Syahbana, dirinya juga sudah menanyakan langsung kepada petani setempat terkait apa permasalahan yang menjadi kendala dalam mengelola lahan tidur. Dan sejumlah petani menyebutkan jika pihaknya terkendala dari sisi permodalan.

Terkait kendala tersebut, ia berharap Pemerintah Daerah (Pemda) dapat membantu masyarakat terutama para petani untuk dapat mengelola lahan terlantar itu. Setidaknya dari mulai pembersihan lahan hingga penyediaan bibit kelapa sawit.

“Melalui instansi terkait, Pemda dapat membantu masyarakat yakni memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani yang sudah dibentuk. Sementara  untuk urusan pembersihan lahan, saya kira program alat berat di Kecamatan bisa diarahkan untuk membuka lahan-lahan masyarakat tinggal diusulkan dan dikomunikasikan dengan pemerintah kecamatan setempat,” sarannya. c-may

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.