Hukrim  

Gegara Pemilihan RT, Kandidat Ancam Gugat Lurah dan Camat

Men Gumpul, kuasa hukum Mardason S Awan, menunjukkan surat protes yang ditujukan kepada Camat Jekan Raya dan Lurah Palangka. ANDRE

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 07 RW XXV Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya tidak berlangsung mulus. Salah satu kandidat Ketua RT, Mardason S Awah meminta agar Lurah Palangka dan Camat Jekan Raya membatalkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan RT.

“Kalau tidak ada tanggapan, kami akan mengambil langkah hukum dan menggugat Lurah dan Camat melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),” ucap Mardason melalui Men Gumpul selaku Kuasa Pendamping, Jumat (14/1).

Menurut Gumpul, pemiihan Ketua RT berlangsung pada 7 Desember 2021. Mardason baru mengetahui adanya indikasi pelanggaran Peraturan Wali Kota (Perwali) No 16 Tahun 2014  setelah proses pemilihan RT usai.

“Ketua RT terpilih adalah warga pindahan dan baru berdomisili selama 2 bulan 12 hari pada wilayah pemilihan. Padahal, Perwali mensyaratkan lama domisili minimal 12 bulan sebelum dapat ikut serta dalam Pemilihan Ketua RT,” kata Gumpul.

Panitia pemilihan disebut tidak ada menyosialisasikan hal tersebut sebelumnya. Selain itu, Gumpul juga menyebut dari 224 warga yang ikut memilih, ternyata sebagian bukan penduduk wilayah RT 07 melainkan hanya memiliki usaha di wilayah tersebut dan berdomisili di tempat berbeda.

Mardason pada 14 Desember 2021 melayangkan surat keberatan, pembatalan SK, dan pemilihan ulang kepada Lurah dan Camat serta tembusan kepada Wali Kota Palangka Raya.

“Belum ada tanggapan dari Camat. Dari Kelurahan pernah ada panggilan dan permintaan kami tetap sama. Kami tidak permasalahkan hasil, tapi syarat dan proses yang bermasalah,” tegas Gumpul.

Dia memberikan waktu selama sekitar 7 hari sejak pemberitaan pada massa agar Lurah dan Camat membatalkan SK kepengurusan RT.

“Setelah itu kami akan menggugat ke PTUN untuk membatalkan atau mencabut SK Kepengurusan RT 07,” pungkas Gumpul. dre

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.