Kesehatan Bagian Integral dari Pembangunan

  • Whatsapp

MUARA TEWEH/tabengan.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Barito Utara (Barut) Drs H Sapto Nugroho mengatakan bahwa, pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian integral atau tidak terpisahkan dari pembangunan.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan tertulisnya melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hendro Nakalelo, saat membuka rapat kerja teknis (Rakernis) kesehatan di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin (26/3).

Bacaan Lainnya

“Kita ingin masyarakat di Barut hidup sehat, tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat, berprilaku hidup bersih dan sehat, apabila memerlukan pelayanan kesehatan, dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan terjangkau oleh masyarakat,” kata Hendro Nakalelo.

Dikatakannya, untuk mewujudkan hal itu bukanlah pekerjaan yang mudah, karena urusan kesehatan saat ini semakin kompleks dan perlu adanya peran dari semua pemangku kepentingan di daerah ini ini, yaitu pemerintah, swasta, dunia usaha dan peran serta masyarakat.

Dijelaskannya, bahwa Pembangunan kesehatan pada dasarnya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup yang sehat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, perlu perencanaan pembangunan kesehatan yang sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh, serta dibutuhkan keterlibatan berbagai sektor dan seluruh komponen bangsa dalam pelaksanaannya. c-ryu

Pos terkait