IOF Kalteng Ikuti Touring Java Overland 2018

44
Peserta Touring Java Overland 2018 dari Pengda IOF Kalteng
Mobil peserta Touring Java Overland 2018 dari Pengda IOF Kalteng, saat berada di Pelabuhan Trisaksi, Banjarmasin untuk berangkat ke Surabaya melalui perjalanan laut, Senin (26/3). TABENGAN/IST

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pengurus Daerah (Pengda) International Offroad Federation (IOF) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti kegiatan touring bertajuk Explore East JAVA OVERLAND 2018 yang dilaksanakan dari 28 Maret hingga 1 April 2018 di Gunung Bromo dan Kawah Ijen.

Ketua Pengda IOF Kalteng Harry Fernando Toeweh mengatakan, tahun ini Pengda IOF Kalteng kembali mengikuti event nasional di Jawa Timur (Jatim). Para peserta dari Pengda IOF Kalteng sudah siap mengikuti seluruh agenda kegiatan dalam touring ini, dan menurunkan 6 unit mobil yang siap menjajal daerah yang menjadi lintasan touring. Para peserta dari Kalteng bersama peserta dari Pulau Jawa sudah siap mengikuti seluruh agenda kegiatan yang sudah dipersiapkan panitia.

“Banyak hal yang telah kami persiapkan dalam mengikuti Explore East Java Overland 2018 ini. Kami sudah mengetahui gambaran tentang lokasi kegiatan. Suhu udara pun sangat perlu, agar kami dapat mempersiapkan seluruh peralatan yang akan dibawa masing-masing peserta dari Kalteng, “ kata Harry, Senin (26/3).

Sejumlah peserta dari tim IOF Kalteng sudah diberangkatkan dari Pelabuhan Tri Sakti, Banjarmasin menuju Surabaya, Senin (26/3), selanjutnya para peserta lainnya akan berangkat menuju Surabaya pada 28 Maret 2108.

Dijelaskan, mobil yang akan diturunkan Pengda IOF Kalteng, 2 unit Toyota Land Cruiser VX-R, satu unit Toyota FJ Cruiser, satu unit Mitsubishi Pajero Sport, satu unit Mitsubishi Strada L 200, dan satu unit Toyota Hilux D-Cab.

Harry berpesan kepada seluruh peserta dari Kalteng untuk menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan touring, para peserta harus menjaga kekompakan dan saling bekerja sama selama kegiatan ini berlangsung.

Menurut Harry, dalam event kali ini, Pengda IOF akan tampil secara maksimal. Keberadaan offroader Kalteng sudah mendapat tempat dan menjadi perhatian para offroader nasional. Banyak prestasi yang sudah diraih baik di tingkat regional dan nasional, sehingga menjadi suatu kebanggaan karena telah mengharumkan nama daerah dan akan tetap dipertahankan serta ditinggkatkan lagi.

Berdasakan agenda jadwal kegiatan yang diterima peserta, beberapa acara akan diikuti para peserta seperti welcome dinner di Hotel Swiss Bel Juanda. Pada hari kedua, peserta melakukan perjalanan ke Bromo. Rute yang dilalui dari Hotel Swiss Bel ke Sidoarjo, Porong, Gempol, Pandaan, Purwosari, Nongko Jajar melewati jalur desa dan pemukiman warga.

Selanjutnya, dari Bromo perjalanan peserta touring menuju Papuma dengan Rute yang dilalui Rana Pani, Senduro, Lumajang, Puger dan tiba Papuma. Di lokasi ini peserta akan bermalam dengan mendirikan tenda. Pada event kali ini para peserta dituntut untuk lebih mandiri. Masing-masing peserta membawa peralatan masak dan keperluan lainnya.

Di hari ketiga peserta akan melanjutkan perjalanan dari Papuma menuju Pantai Sukamade Meru Betiri, perjalanan sejauh 164 km dengan waktu tempuh diperkirakan 7 jam. Di pantai ini, peserta akan melihat Penyu Bertelur. Peserta kembali mendirikan tenda dan bermalam di dekat lokasi Turtle Conservation.

Di hari keempat, peserta melanjutkan perjalanan dari Sukmade ke Kawah Ijen dengan jarak tempuh 132 km dan bermalam di lokasi tersebut. Pada pagi hari peserta akan menyaksikan keindahan matahari terbit yang tentunya menjadikan pengalaman yang tak terlupakan bagi peserta. Di hari kelima, peserta mengikuti kegiatan terakhir, dari Kawah Ijen menuju Surabaya dengan jerak tempuh 261 Km melalui rute Besuki, Probolinggo, Pasuruan, Gempol dan tiba Surabaya.yml

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here