Hukrim  

”Dagangkan” Vaksin Presisi Polres, 4 Calo Ditangkap

TABENGAN/YULIANSYAH DIAMANKAN- Empat orang calo vaksin berikut barang bukti diamankan di Polres Kobar.  

PANGKALAN BUN/TABENGAN,.COM- Polres Kotawaringin Barat  (Kobar) berhasil menangkap 4 calo vaksin yang melakukan penjualan atau pemungutan biaya terhadap masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi. Keempatnya merupakan warga Kelurahan Kumai, Kecamatan Kumai.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kasat Reskrim AKP Rendra Adhytia Dani mengatakan, ke-4 orang yang diamankan yaitu IKS (27), ES (27), B (52) dan AR (27). Terungkapnya kejadian tersebut berawal saat ada 4 masyarakat yang akan pulang kampung membeli tiket di agen tiket milik pelaku ES.

“Pelaku ini kemudian menanyakan terkait persyaratan vaksin kepada masyarakat tersebut. Dan ternyata belum vaksin, lalu pelaku menawarkan jasa untuk memfasilitasi vaksin,” jelas Rendra, Jumat (7/1).

Kemudian, lanjutnya, pelaku IKS dan ES menghubungi pelaku B dan AR untuk mengantarkan 4 orang tersebut vaksinasi dan yang dituju adalah Gerai Vaksin Presisi Polres Kobar.

“Sebelum vaksin, 4 orang tersebut sebelumnya sudah dimintai biaya atas jasa vaksin. Kertas rincian yang dibuat pelaku sudah kami amankan juga,” terangnya.

Kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh petugas screening bahwa ada warga selaku pemohon vaksin yang mengaku dipungut biaya sebesar Rp300 ribu apabila ingin vaksin di Polres Kobar.

“Padahal selama ini Polres Kobar tidak ada melakukan pemungutan biaya apa pun kepada masyarakat yang ingin bervaksin. Mengetahui hal tersebut, pengendali vaksin kemudian mengamankan 2 orang pelaku B dan AR di gerai vaksin. Sementara 2 lainnya diamankan di Kecamatan Kumai, ” kata Rendra.

Rendra menambahkan, barang bukti yang diamankan berupa 1 lembar kuitansi tanda terima uang tiket kapal laut tujuan Timur Kupang, 1 buah handphone atau gawai merek Oppo type CPH2217, 1 buah gawai merek Xiomi Redmi 7A, 1 buah gawai merek Oppo, uang tunai Rp3,7 juta dan 1 lembar kertas rincian biaya.

Atas perbuatannya, ke-4 pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUH Pidana dan atau 310 KUHPidana tentang penipuan dan atau pencemaran nama baik.

Kasat Reskrim menegaskan, kepada masyarakat yang ingin bervaksin bahwa tidak ada pungutan biaya dalam bentuk apa pun.

“Gratis dan tidak dipungut biaya, silakan datang, kami terbuka untuk umum. Apabila ada mengetahui maupun mengalami kejadian serupa segera laporkan ke Polres Kobar,” imbau dia. c-uli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.