Hukrim  

Asik Pesta Sabu, 7 Warga Samba Bakumpai Digerebek, Satu Buron  

BARBUK-  Baarang bukti saat pesta narkoba yang berhasil diamankan pada pengrebekan oleh Sat Res Narkoba Katingan di Desa Samba Bakumpai. 

KASONGAN/-Saat asik menikmati sabu-sabu, 8 orang warga di Desa Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah digerebek jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Katingan pada Selasa (4/1).

Pesta sabu-sabu yang dilakukan 8 orang tersebut berlangsung di rumah Jalan H.Ikap Gang Langgar Al. Munawarah RT 008 RW 002, Desa Samba Bakumpai. Barang bukti yang berhasil diamankan 14 paket sabu dengan berat kotor kurang lebih 4,44 gram, 4 buah potongan sedotan, dua buah pipet kaca, dua buah korek api, uang tunai Rp15.945.000.

Kapolres Katingan AKBP P Sonny Bhakti Wibowo SIK membenarkan, adanya penangkapan terhadap terduga pemakai atau pengedar narkoba jenis sabu-sabu di Desa Samba Bakumpai tersebut .

“Terduga dari pengkapan tersebut, yakni Sup alias Amb,  Yam,  Msj, Rk alias Kk, Srt alias An,  Mhj Dan And sedangkan A berhasil kabur,” kata AKBP Sonny, Kamis (6/1)

Menurut AKBP Sonny anggota Sat Narkoba Polres Katingan mendapat informasi bahwa di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sering terjadi transaksi jual beli Narkotika jenis sabu, kemudian anggota Satresnarkoba Polres Katingan melakukan pengamatan (observasi) terhadap tempat yang dimaksud.

Lanjut AKBP Sonny setelah mendapat informasi akurat bahwa saat itu rumah tersebut sedang banyak orang yang menurut informasi bahwa orang-orang tersebut sedang menghisap sabu di dalam rumah tersebut, maka anggota Satresnarkoba melakukan pengepungan di sekitar rumah.

“Para pelaku langsung kabur ke belakang rumah. Dikarenakan jumlah anggota Satresnarkoba yang tidak sebanding dengan banyak orang yang di dalam rumah maka ada satu orang yang diketahui inisial A berhasil kabur, sehingga saat itu ada 7 orang yang bisa diamankan oleh Satresnarkoba,” Ungkap AKBP Sonny.

Dikatakan AKBP Sonny, saat pengerebekan disaksikan Sekdes dalam penggeledahan yang akan dilakukan, Kasat Narkoba menunjukkan Surat Perintah Tugas dan menjelaskan maksud dan tujuan mengamankan orang-orang di dalam rumah tersebut dan meminta untuk menyaksikan jalannya penggeledahan.

“Srt alias An mengakui bahwa narkotika jenis sabu tersebut adalah miliknya, untuk 6 orang lainnya diduga hanya sebagai pemakai  sedangkan asal Narkotika jenis sabu adalah berasal dari A yang berhasil kabur, “kata AKBP Sonny.

Menurut AKBP Sonny, ketujuh orang tersebut beserta barang bukti dibawa ke Polres Katingan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk peran dari masing-masing orang untuk dapat menentukan tindakan proses selanjutnya.

Sedangkan Pasal yang disangkakan, kata AKBP Sonny, yakni pasal 114 ayat (1) atau pasal 112 ayat (2) Undang – Undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. c-sus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.