Kapolresta Palangka Raya Disambut Potong Pantan

TABENGAN/FERRY WAHYUDI PENYAMBUTAN- Kapolresta Kombes Pol Budi Santosa bersama istri saat mengikuti prosesi pedang pora.

pALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Tradisi potong pantan digelar Polresta Palangka Raya
dalam menyambut Kapolresta Kombes Pol Budi Santosa di depan gerbang Mako Polresta, Selasa (4/1) pagi.

Budi Santosa resmi menggantikan Kombes Pol Sandi Alfadien Mustofa yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Hukum Divkum Polri dalam rangka Pendidikan Sespimti Dikreg ke 31.

Tradisi potong pantan merupakan upacara adat penyambutan yang lazim dilakukan secara turun-temurun oleh Suku Dayak Ngaju yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol Sandi Alfadien Mustofa beserta istri turut hadir untuk menyambut dan mendampingi Kombes Pol Budi Santosa pada pelaksanaan Upacara Pedang Pora yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di Lobby Mapolresta Palangka Raya.

Menjabat Kapolresta Palangka Raya di hari pertama, Budi Santosa menuturkan akan tetap melanjutkan fokus utama yang menjadi program pimpinan. Seperti peningkatan vaksinasi untuk seluruh masyarakat, baik umum, anak-anak hingga lansia.

“Vaksinasi merupakan program keberlanjutan yang menjadi atensi kita untuk penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Palangka Raya,” katanya.

Kemudian fokus kedua adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di tindak kejahatan transnasional dan konvensional. “Prinsip kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Ditanyakan tentang prediksi kerawanan 2022 yang sempat disebutkan Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto terkait organisasi masyarakat (ormas), Budi menyebut ormas adalah dinamika yang ada di masyarakat dan tentunya akan dikelola dan dibina.

“Jika nanti apabila ada kegiatan prinsipnya kita tetap berpedoman pada aturan yang ada. Apabila ada aturan yang dilanggar, nanti kita akan lakukan penindakan. Tetapi alangkah lebih baiknya kita lakukan pendekatan dahulu, sehingga mereka dalam melakukan kegiatan tetap
dalam aturan yang ada,” tuturnya.

Sedangkan Kombes Pol Sandi Alfadien Mustofa mengucapkan terima kasih atas peran seluruh masyarakat yang telah membantu menjaga kamtibmas selama dirinya menjabat sebagai Kapolresta dan juga dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dia menilai kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan (Prokes) sudah semakin tinggi. Hal tersebut terbukti dengan adanya penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dulunya berada di Level 4, kini berada di PPKM Level 2.

“Tentu ini semua tidak lepas dari peran serta masyarakat yang selalu mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Ini saya apresiasi dan banggakan,” tutupnya. fwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.