4,5 TAHUN PENGABDIAN NURANI-Kesejahteraan dan Pembangunan Kobar Meningkat

Pasangan Nurani (Nurhidayah-Ahmadi Riansyah) Bupati Kobar dan Wakil Bupati Kobar

PANGKALAN BUN/TABENGAN.COM– Tanpa terasa, pasangan Nurani (Nurhidayah-Ahmadi Riansyah) telah mengabdikan diri untuk Kabupaten Kotawaringin Barat selama 4,5 tahun. Telah banyak yang dilakukan pasangan Nurani dalam membangun Bumi Marunting Batu Aji.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dalam siaran persnya jelang akhir tahun 2021 menyampaikan, selama kepemimpinan pasangan Nurani, telah banyak yang dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam mengaplikasikan visi dan misi, pasangan Nurani pun menerapkan sistem program prioritas, yakni sektor pertanian dalam arti luas, infrastruktur dan pariwisata. Semuanya bermuara pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang adil dan merata.

“Di bidang infrastruktur jalan, dalam rangka percepatan pembangunan dengan membuka wilayah yang terisolasi, pasangan Nurani telah meluncurkan program konsorsium yang melibatkan pihak ketiga dalam membangun infrastruktur jalan penghubung antardesa,” kata Nurhidayah.

Hingga akhir 2021 , paparnya, telah terbuka akses jalan yang didanai melalui CSR sepanjang 449,22 km, pembangunan infrastruktur terfokus pada Kecamatan Arut Utara, serta desa-desa yang terisolir di Kecamatan lainnya yang ada di wilayah Kobar.

“Selain infrastruktur jalan, kami pasangan Nurani sesuai janji politiknya, meningkatkan bidang kelistrikan desa. Alhamdullilah sampai dengan akhir tahun 2021, beberapa desa/kelurahan yang selama ini belum tersentuh aliran listrik PLN, kini masyarakat bisa senyum ceria karena mimpi mereka akan listrik PLN telah kami wujudkan,” ujar Nurhidayah.

Sementara itu, pembangunan jembatan penghubung antardesa pun telah dilakukan. Kini untuk Desa Umpang, Kecamatan Arut Selatan telah berdiri jembatan yang menghubungkan ke desa Pandu Sanjaya, Kecamatan Pangkalan Lada.

“Di bidang pendidikan, pasangan Nurani telah melaksanakan pembagian seragam gratis bagi peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat. Pembagian seragam gratis ini tentunya untuk membantu meringankan beban orang tua peserta didik,” katanya.

Selain itu, di bidang pendidikan, pasangan Nurani memberikan insentif kepada 280 orang guru ngaji yang tercatat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kobar. Dan, memberikan beasiswa kepada peserta didik/mahasiswa berprestasi maupun yang tidak mampu.

“Untuk sektor pariwisata, pasangan Nurani telah membangun sarana dan prasarana ke titik objek wisata. Selain itu, melakukan penataan kawasan bantaran sungai yang disulap menjadi kawasan Water Front City Kelurahan Mendawai. Kawasan itu terkoneksi dengan destinasi wisata lainnya, Land Mart di Pantai Kubu, Land Mart di Pantai Keraya, Kecamatan Kumai, dan pembangunan taman kota yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana olahraga, serta yang menarik di taman kota itu  ada air mancur ‘Banyu Bejiget’,” beber Bupati Kobar. c-uli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.