SMAN 2 Palangka Raya Boyong 3 Emas 1 Perak

ISTIMEWA MEDALI- Siswa SMAN 2 Palangka Raya meraih 3 emas dan 1 perak dalam ajang Indonesia International Applied Science Project (I2ASPO) di Surabaya.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Kalimantan Tengah patut berbangga. Tim dari SMAN 2 Palangka Raya memboyong 3 medali emas dan 1 perak pada ajang Indonesia International Applied Science Project (I2ASPO) yang digelar BG Junction Surabaya, 10-15 Desember 2021.

“Totalnya 280 tim dari 14 negara. SMAN 2 menurunkan 4 tim dari siswa kelas 10 sampai dengan kelas 12 dan kami memperoleh 3 gold dan 1 silver,” beber Sintania TT Asang MPd, Pembimbing Utama Tim SMAN 2 Palangka Raya kepada Tabengan via WhatsApp, Rabu (15/12).

Dijelaskan Sintania, Tim 1 yang beranggotakan Raphael Gaia Ananda Vianda dan Princessa Lelindra membawakan hasil penelitian project pada Lemongrass Bamalem Tea: an Alternative Therapy for Lowering Glucose Level.
“Teh Serai Bamalem adalah singkatan dari Bawang Dayak, Madu, Lemon. Memiliki khasiat sebagai alternatif terapi dalam mengurangi kadar gula darah tinggi/hiperglikemia,” imbuhnya.

Sedangkan Tim 2 dengan anggota Bella Cahayati dan Tedy Hermawan Borneo, menyajikan Bakena: Solusi Terencana Manajemen Pemasaran Tepat Sasaran untuk Usaha Mikro Selama Pandemi Covid-19 (Bakena: Planned Solution in Marketing Management for Micro-Business  During the Pandemic Covid-19).

Selanjutnya Tim 3 membawakan Betang (Berkhasiat dan Tangguh): The Benefits of Karamunting Leaf Tea as an Alternative in Diarrhea Treatment Betang (Berkhasiat dan Tangguh): Khasiat Teh Daun Karamunting Sebagai Alternatif Pengobatan Diare oleh Sarah Nazwa Asyifa dan Debora Natalia Putri.
Kemudian Tim 4 dengan anggota Astrid Aziza Aureliya dan  Naila Azzahra Anwar. Membawakan The Benefits of Kelulut Honey Candy as an Alternative in Reducing Inflammation and Boosting Immune atau Khasiat Permen Madu Kelulut Sebagai Alternatif dalam Mengurangi Peradangan dan Meningkatkan Imun.

Bahkan, Penelitian Tim SMAN 2 Palangka Raya juga mendapat award dari negara Macedonia.

“Spesial award dari Macedonia, kita juga terpilih mewakili perfomance tari daerah dibawa oleh Princessa, yaitu Tari Mandau,” katanya.

Adapun para pembimbing yang menyertai siswa-siswi tersebut adalah Sintania TT Asang, Mahiang SPd, Elvia TT Asang SPd.K MPd dan Vierina Gloryn. Lomba Science Project tersebut juga disiarkan secara streaming ke negara lain. dsn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.