109 Kendaraan Over Muatan Terjaring Razia

ISTIMEWA BANYAK PELANGGAR - BPTD Wilayah XVI Kalteng dan tim terkait melaksanakan razia Odol Jalan di jalan Palangka Raya-Gunung Mas, Senin (13/12),

*JALAN PALANGKA RAYA-GUMAS RUSAK

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COMKerusakan parah jalan yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan Kabupaten Gunung Mas (Gumas), direspons pemerintah. Diduga, kerusakan disebabkan oleh kendaraan yang tidak sesuai standar atau over dimensi over loading (ODOL). Tim dibentuk untuk melakukan penindakan terhadap kendaraan yang kelebihan muatan tersebut.

Kepala Balai Perhubungan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalteng Buang Turasno menjelaskan, tim yang dibentuk merupakan tim gabungan. Tim terdiri dari petugas Balai bersama Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah (Kalteng), Dinas Perhubungan Kabupaten Gumas, TNI dan Polri.

“Hasilnya, sebanyak 109 unit kendaraan yang terjaring razia. 109 kendaraan ini masuk dalam kategori ODOL, setelah dilakukan pengujian oleh petugas. Kendaraan yang terjaring razia ini segera dilakukan penindakan dan sidang di tempat,” kata Buang, saat menyampaikan langkah yang ditempuh pemerintah dalam mengatasi kendaraan ODOL yang melintasi Jalan Palangka Raya-Gunung Mas, Senin (13/12), di Palangka Raya.

Buang mengakui, hasil razia di jalur Palangka Raya-Gunung Mas ditemukan sejumlah kendaraan modifikasi, sehingga tidak sesuai standar. Baik untuk mengangkut log ataupun kelapa sawit. Namun demikian, kendaraan ODOL yang terjaring razia tidak hanya kendaraan perusahaan besar swasta (PBS), terdapat pula kendaraan pengakut barang lainnya.

Sebagai contoh, kata Buang, kendaraan pikap jangan langsung dikategorikan tidak masuk ODOL. Hasil pengujian di lapangan, kendaraan jenis pikap ini justru ukuran panjang kendaraan bertambah. Sementara untuk muatan, memang barang seperti rak piring ataupun lemari, itu ringan. Tapi ukuran tingginya melebihi standar yang ditetapkan, sehingga masuk kategori ODOL pula.

Jadi, tegas Buang, kendaraan ODOL tidak serta merta hanya kendaraan besar saja seperti dump truk atau sejenisnya. Semua kendaraan pengangkut barang, apabila dilakukan pengujian, dan hasilnya tidak sesuai dengan standar maka masuk dalam kategori ODOL.

Semua kendaraan boleh melintasi jalan umum, dengan catatan karena jalan di Kalteng kategori kelas 2, maka kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) 8 ton. ded

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.