Pulpis Sukses Tekan Covid-19, Jangan Euforia Berlebihan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulpis H Salahudin

PULANG PISAU/TABENGAN.COM– Kasus masyarakat terpapar Covid-19 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, hingga hari ini nihil atau nol kasus baru. Status Kabupaten Pulpis pun telah ditetapkan menjadi wilayah zona hijau Covid-19, tentu kabar ini sangat mengembirakan. Meski demikian, masyarakat di Pulpis harus terus waspada dan tidak perlu euforia berlebihan.

Berdasarkan laporan harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis per 12 Desember 2021, tetap nihil kasus, baik untuk kontak erat, suspek dan probable. Tercatat, terakhir jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.160 orang, sembuh 1.090 orang dan meninggal dunia 70 orang.

Dengan berhasilnya Kabupaten Pulpis menekan angka lonjakan kasus Covid-19 dan menjadikan kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini zona hijau adalah sebuah prestasi. Harus terus dipertahankan sampai daerah ini dinyatakan bersih dan bebas dari Covid-19.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulpis H Salahudin yang juga bagian dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis, tetap mengingatkan masyarakat untuk tidak abai dengan protokol kesehatan (prokes). Tetap disiplin 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Meski zona hijau, jangan sampai kita abai dan euforia berlebihan, dan tetap harus waspada. Jangan sampai ini menjadi bom waktu, makanya saya tetap menghimbau protokol kesehatan harus tetap kita jaga,” ujar Salahudin, Senin (13/12/2021).

Salahudin mengimbau kepada semua pihak untuk tetap memantau wilayah masing-masing, khususnya para Kepala Desa (Kades) tetap mengawasi dan memantau perkembangan daerahnya masing-masing. Testing, Tracing, dan Treatment (3T) diminta tetap dilaksanakan. Terlebih saat ini memasuki akhir tahun yang artinya perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 harus diantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Per hari ini, berdasarkan laporan yang kita terima masih 0 kasus. Jangan lengah, tetap waspada karena Covid-19 belum berakhir,” tegasnya.

Sebelumnya, pada pelantikan Anggota BPD, Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang menyampaikan, pada saat sekarang Pemerintah Kabupaten Pulpis sudah berada di zona hijau level I. Namun ia berharap, tetap waspada dengan tetap memerhatikan dan menerapkan protokol kesehatan serta menyukseskan capaian vaksinasi bagi seluruh warga Kabupaten Pulpis.

Bupati Pulpis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan berkonstribusi positif bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Pulpis yang kita cintai ini. Dia tetap mengingatkan, agar terus waspada akan lonjakan Covid-19, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), sebab Covid-19 belum berakhir.

“Kita jangan abai dan lengah, dan tetap harus waspada, meski daerah kita sudah zona hijau,” pungkasnya. c-mye

 

 

Penulis: M Yakin Efendi Editor: Haris Lesmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.