Senior GAMKI Kalteng Beri Rekomendasi ke DPP Terkait Konferda GAMKI

Peserta pertemuan Forum Senior GAMKI Kalteng di Rumah Ernest Patianom, pendiri GMKI Palangka Raya. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Konferensi Daerah (Konferda) Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD GAMKI) Kalteng IV Tahun 2021 menjadi perhatian semua kalangan, termasuk senior GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) di Kalimantan Tengah.

Panitia Konferda 2 kali diganti dari versi DPD GAMKI Kalteng dan Versi Caretaker II DPD GAMKI Kalteng dan 2 kali Caretaker dilakukan per tanggal 25 November 2021 Caratekar I DPD GAMKI Kalteng dan per tanggal 5 Desember 2021 Caratekar II DPD GAMKI Kalteng, Senin (13/12/2021).

Senior-senior GAMKI dari berbagai profesi yang merupakan mantan Ketua GMKI, mantan Ketua GAMKI, pendiri GMKI dan Founding Father GAMKI tergerak hatinya untuk memfasilitasi pertemuan yang dilaksanakan pada 12 Desember 2021 di Rumah Ernest Patianom Pendiri GMKI Palangka Raya untuk mendengarkan persoalan yang terjadi, baik dari Pengurus Caretaker I dan II DPD GAMKI Kalteng dan membangun kembali organisasi GAMKI Kalteng.

Pengurus Caretaker I DPD GAMKI Kalteng Hery Kristianto menyampaikan bahwa proses Konferda GAMKI Kalteng mengalami dinamika yang sangat keras dan begitu banyaknya pelanggaran konstitusi yang berakibat tidak berkualitasnya Konferda, sehingga diusulkan melakukan kompromi konsensus dengan rekomendasi pemikiran bahwa proses Konferda ini harus berkualitas dan dapat diterima semua pihak.

“DPP GAMKI telah melakukan koordinasi ke senior-senior GAMKI dipertanyakan. Senior yang mana? Tokoh-tokoh senior di sini yang menjadi panutan kami tidak pernah dihubungi, dan kenapa juga DPP GAMKI baru sekarang melakukan sikap secara konstitusi yang tidak konstitusional. Kenapa tidak dilakukan sejak selesai KONGRES GAMKI Tahun 2019,” katanya.

Sangat disayangkan, kata Hery, utusan DPP GAMKI An. Theofilus dan Dodi Sutarma Lapihu yang difasilitasi oleh Sekretaris Caretaker II DPD GAMKI Kalteng Novia Adventy Juran, anggota Yanedi Jagau, dkk dan Ketua Panitia Konferda Novia Adventy Juran menyembunyikan utusan DPP GAMKI tersebut sejak 11 Desember 2021 dan menolak melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan tokoh-tokoh senior di Kalteng.

Hery melanjutkan, Konferda wajib memiliki kepesertaan yang definitif dari DPC GAMKI Kota/Kabupaten dan kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini belum dilaksanakannya Konfercab dari 8 DPC yang ada di Kalteng, sehingga tidak memenuhi konstitusi dalam Konferda.

Kalaupun yang rencana akan dilakukan DPP GAMKI An. Theofilus dan Dodi Sutarma Lapihu bersama Sekretaris Caretaker II DPD GAMKI Kalteng Novia Adventy Juran, anggota Yanedi Jagau, dkk untuk melaksanakan Konfercab dadakan di beberapa kota/kabupaten, tetap reposisi Konferda tidak berkualitas, tutup Hery.

Bakti Yusuf Irwandi, mantan Plt DPD GAMKI Palangka Raya, mengharapkan agar semua kelompok/pihak dapat merendahkan hati bahwa GAMKI Kalteng perlu penanganan serius yang dimulai dari DPC GAMKI Kota/Kabupaten.

Artinya semua pihak bersama-sama untuk mengaktifkan 8 DPC yang ada dengan melakukan Konfercab yang berkualitas dan setelah Konfercab dilaksanakan, maka kemudian bersama melaksanakan Konferda yang berkualitas.

Bakti menambahkan, apa yang disampaikan dapat diterima pada Forum Senior GAMKI Kalteng dan akan dilaksanakannya Kompromi Konsensus yang dihadiri berbagai kelompok/pihak yaitu:

  1. DPP GAMKI An. Theofilus dan Dody Sutarma Lapihu
  2. Caretaker II DPD GAMKI Kalteng An. Yanedi Jagau dan Novia Adventy Juran
  3. DPD GAMKI Kalteng An. Henock Katoppo
  4. Panitia Konferda Versi DPD GAMKI Kalteng An. Elisa Sumandie
  5. Forum Senior GAMKI Kalteng An. Pdt. Darius Dubut dan Jhon Retei Alfri Sandi.

Lanjut Bakti, jika pemaksaan kehendak dan pengkondisian dalam proses Konferda yang terjadi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa konferda ini tidak kondusif.

Adapun peserta pertemuan Forum Senior GAMKI Kalteng ialah Founding Father GAMKI Kalteng Pdt. Darius Dubut, William Katoppo, Walter Punding, mantan Ketua GAMKI Kalteng Yohanes Freddy Ering, Mantan Ketua GAMKI Kalteng Jhon Retei Alfri Sandi, Pengurus Caretaker I DPD GAMKI Kalteng Hery Kristianto, Pengurus Caretaker II DPD GAMKI Kalteng Yanedi Jagau, Pendiri GMKI Palangka Raya Ernest Patianom, Senior GAMKI Kalteng Aratuni dan mantan Plt. Ketua DPD GAMKI Palangka Raya Bakti Yusuf Irwandi. Ora Et Labora. ist

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.