Bupati Desak Perusahaan Sawit Perbaiki Jalan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah

PANGKALAN BUN/TABENGAN.COM– Tujuh perusahaan kelapa sawit di Kecamatan Arut Utara akhirnya memenuhi undangan Bupati Kotawaringin Barat (Kobar). Mereka berjanji akan memperbaiki kerusakan jalan yang dibangun secara konsorsium.

Kondisi jalan-jalan yang rusak itu antara lain di Desa Penyombaan, Pandau, Sambi, Sungai Dau, Kerabu, Gandis, Sukarame, dan Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara.

Dengan kondisi yang demikian, Bupati Kobar pun mengaku sudah mendesak 7 perusahaan anggota konsorsium untuk memperbaiki jalan protokol yang jadi akses masyarakat.

“Kita tentunya ingin menagih komitmen karena dari awal kita sudah melakukan kerja sama, bagaimana upaya kita bersama untuk melakukan percepatan pembangunan, khususnya di Kecamatan Arut Utara,” kata Nurhidayah.

Sebab, menurutnya, kebutuhan yang cukup mendasar terutama infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bagaimana akses ini bisa fungsional dengan baik  dan pemerintah daerah memang di satu sisi kondisi keterbatasan anggaran, yang tidak sesuai dengan luasnya wilayah.

“Maka itu, kita punya keinginan yang sama. Bagaimana pemberdayaan terutama pihak dari manajemen perusahaan untuk pembangunan itu bukan semata-mata pemerintah daerah, tapi juga ada keterlibatan masyarakat dengan unsur-unsur, ya terutama pihak swasta,” ujarnya.

Pada Desember 2021 ini, berdasarkan kesepakatan dengan pihak perusahaan, akan dikerjakan dengan pola lanjutan, pola konsorsium. Hal ini dalam rangka  percepatan pembangunan jalan yang posisinya sangat parah dan juga sempat terputus.

“Program konsorsium ini merupakan kekuatan dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur. Bagi pihak perusahaan yang belum menyelesaikan kewajibannya sesuai dengan MoU, maka ibu harapkan sebelum akhir tahun harus selesai, agar hasil pembangunan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Nurhidayah. c-uli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.