Kapuas  

Air Laut Pasang, SMKN 1 Kapuas Tergenang

BANJIR- Halaman dan beberapa ruang kelas SMKN 1 Kapuas terendam banjir. TABENGAN/YULIANSYAH

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM- Naiknya air pasang laut disertai tingginya intensitas hujan belakangan ini, membuat sejumlah permukiman penduduk di Kabupaten Kapuas terendam. Banjir juga menggenangi halaman dan beberapa ruang kelas SMKN 1 Kapuas, Kamis (9/12).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Kapuas Drs During saat ditemui Tabengan di ruang kerjanya mengatakan, akibat beberapa ruang kelas tergenang air, pihak sekolah terpaksa meliburkan sebagian  siswa untuk belajar mengajar.

“Jujur, ini memang kejadian alam, tapi tidak pernah seperti ini. 31 tahun saya mengajar di Kapuas, baru kali ini air pasang laut naik sampai ke halaman bahkan masuk menggenangi ruang kelas. Ini perlu perhatian dari pihak instansi terkait,” katanya.

Masih menurut Kepsek, sebagaimana imbauan BMKG yang menyebutkan puncak air pasang laut akan terjadi pada Kamis malam, 9 November 2021, ia sudah memerintahkan beberapa dewan guru untuk membenahi seluruh perlengkapan yang mudah rusak kalau terkena air. Seperti mengamankan meja kursi dan yang tak kalah penting adalah aliran listrik.

Dari pantauan di lapangan, naiknya air pasang laut ini tidak hanya menggenangi SMKN 1, namun beberapa halaman sekolah yang ada di sekitar aliran baik DAS Murung maupun Kapuas. Bahkan, permukiman dan halaman rumah warga juga terendam dengan ketinggian air rata-rata 20-40 cm. c-yul

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.