Libur Sekolah 27-31 Desember Ditiadakan

  • Bagikan
TAAT PROKES– Salah satu SMP di Kota Palangka Raya saat melaksanakan kegiatan penerapan protokol kesehatan sebelum memulai kegiatan belajar pada pelaksanaan PTM terbatas. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Demi mencegah terjadi ledakan kasus konfirmasi Covid-19 pada saat liburan panjang akhir tahun ataupun pasca perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya telah mengeluarkan surat edaran terkait peniadaan libur semester ganjil di akhir tahun ini.

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran Disdik Kota Palangka Raya Nomor 420/666/870.Um.Peg/XII/2021 tentang Pemberitahuan Pembelajaran Akhir Semester I (satu) Tahun 2021.

“Sebenarnya telah direncanakan akan ada libur semester pada tanggal 27-31 Desember 2021, tapi sekarang ditiadakan dulu. Tenaga pendidik dan siswa tetap melaksanakan kegiatan belajar-mengajar seperti biasanya di sekolah,” kata Kepala Disdik Kota Palangka Raya Akhmad Fauliansyah melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama M Aswani, Rabu (8/12).

Aswani kembali menjelaskan, peniadaan libur semester ganjil tersebut juga dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengantisipasi potensi gelombang ketiga ledakan Covid-19 sekaligus menjadikan sekolah sebagai contoh dalam pelaksanaan protokol kesehatan  (prokes) yang baik. Dia berharap agar siswa dan orang tua bisa memahami kondisi tersebut, dan diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah apabila tidak ditujukan untuk kebutuhan yang mendesak.

Kembali ditambahkannya, dalam surat edaran juga menyebutkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas bagi sekolah yang telah mendapatkan rekomendasi tetap berjalan sesuai dengan surat keputusan Wali Kota Palangka Raya Nomor 188.45/268/2021 tentang penerapan panduan penyelenggaraan PTM terbatas tahun 2021/2022.

“Kami juga telah meminta kepada seluruh satuan pendidikan untuk dapat menjadwalkan kegiatan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila pada masa jeda antara semester genap dan ganjil yaitu dari tanggal 27-31 Desember 2021,” bebernya.

Lalu untuk penilaian akhir semester pertama, yang  awalnya mulai tanggal 6-11 Desember diubah menjadi 6-24 Desember. Pelaksanaannya bisa secara tatap muka atau daring, dengan jadwal diatur oleh sekolah masing-masing.

Penyerahan buku laporan hasil belajar siswa di semester ganjil, juga akan dilaksanakan secara serentak oleh seluruh satuan pendidikan yaitu pada 31 Desember 2021 dengan menerapkan prokes secara ketat.

Sebelumnya, peniadaan jadwal libur sekolah pada Desember 2021 ini merupakan tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 dan Surat Edaran Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. rgb

 

 

Penulis: Ronny GunturEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *