Gunakan Verklaring, Indra Menangkan Gugatan Banding Lawan 12 SHM

  • Bagikan
Ilustrasi

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Indra Kesuma yang menggunakan verklaring dan Surat Penyerahan Hibah Sebidang Tanah berhasil memenangkan gugatan Perbuatan Melawan Hukum pada pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding terkait kepemilikan tanah seluas 6.000 meter persegi di Jalan Banteng.

“Kami menggugat 12 warga lain yang memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palangka Raya,” ucap Adi selaku Kuasa Hukum Penggugat, Senin (6/12).

Pengadilan tingkat pertama pada Pengadilan Negeri Palangka Raya menyatakan bahwa Penggugat adalah pemilik sah atas tanah yang terletak di Jalan Banteng dulu masuk RT 04 / RW VI sekarang masuk RT 13 / RW XIV Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

“Klien kami dapat membuktikan asal usul surat yang dia miliki serta membuktikan tanah tersebut telah dipelihara atau dirawat olehnya dan pemilik tanah sebelumnya,” kata Adi.

Selain itu, mereka juga menyertakan bukti Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.180/MENLHK/SETJEN/KUM.1/4/2017 tanggal 5 April 2017 tentang Peta Indikatif Alokasi Kawasan Hutan Untuk Penyediaan Sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Dalam tingkat banding, Pengadilan Tinggi Palangka Raya dalam relas putusan banding menyatakan tidak menerima permohonan banding yang diajukan BPN Palangka Raya, Rabu (1/11).

Penyebabnya karena pihak BPN Palangka Raya selaku Pembanding yang semula Tergugat, melampaui batas waktu 14 hari untuk pengajuan permohonan banding.

“Sehingga semua berkas memori banding atau alat bukti lainnya tidak diterima,” terang Adi.

Dia menyatakan kliennya awalnya membuka perdamaian melalui mediasi namun selain pihak BPN tidak pihak lawan tidak ada yang hadir. “Kalau ada gugatan baru, kami siap menghadapi,” pungkas Adi. dre

Penulis: AndreEditor: Haris Lesmana
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *