Waspada! Air Laut Pasang di Kapuas

  • Bagikan
TABENGAN/YULIANSYAH SUDAH SURUT – Sejumlah jalan protokol dan pemukiman warga di kabupaten mendadak tenggelam oleh banjir, Minggu (5/12) malam.

*Banjir, Ular Masuk Rumah Warga

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM Tingginya air laut pasang di bagian selatan Kalimantan Tengah yang mencapai 3 meter disertai hujan, petir dan angin kencang, mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan di Kabupaten Kapuas, Minggu (5/12) malam.

Pantauan pada pukul 20.30 WIB, beberapa ruas jalan utama, koridor, gang dan permukiman, seperti Jalan Sudirman, A Yani, Piere Tendean, Melati, Barito, Mahakam dan Seth Adji, terlebih Perumnas Pulau Telo, ketinggian debit air laut pasang mencapai 40-60 cm hingga masuk ke dalam rumah.

Bukan hanya mendatangkan banjir, naiknya air laut ini ternyata juga membuat binatang buas seperti ular keluar dari sarangnya dan berkeliaran di sekitar masyarakat.

Seperti yang diungkapkan Aril dan Bagus, Anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Tirta Borneo saat dibincangi Tabengan. Mereka berdua dimintai tolong oleh 2 warga untuk mengamankan atau mengevakuasi ular yang masuk ke dalam rumah mereka.

Kemudian di Jalan Kolonel Untung Surapati, setidaknya dari BPK Firdaus bersama dengan warga juga telah mengamankan seekor ular piton sepanjang 4 meter saat berada di ruas jalan tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengimbau masyarakat Kapuas untuk selalu waspada. Sebab, sebagaimana kajian BMKG, naiknya air laut ini akan terjadi dalam beberapa hari ke depan yang puncaknya pada 6-7 Desember 2021.

“Saya imbau kepada seluruh lapisan warga Kapuas untuk selalu waspada akan naiknya debit air laut pasang dan juga tingginya intensitas hujan yang disertai petir dan angin kencang,” kata Sinaga saat dihubungi via telepon, Senin (6/11).

Dia mengingatkan, dengan naiknya air laut pasang yang disertai hujan ini membuat tertumpuknya air dalam satu wilayah. Maka itu, Sinaga juga meminta semua berhati-hati dengan kemunculan hewan buas, seperti ular dan lainnya, serta dapat membenahi jaringan aliran listrik di kediamannya masing-masing, sehingga tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. c-yul

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.