BAN SM Kalteng Dorong Peningkatan Akreditasi Sekolah Tahun 2022

TABENGAN/NOVAN DORONG PENINGKATAN - Pelaksanaan Rakorda II BAN – SM Provinsi Kalteng, di Ballroom Hotel Aquarius, jalan Imam Bonjol, Kota Palangka Raya, Senin (6/12).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN – SM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong agar seluruh semua sekolah maupun madrasah di Bumi Tambun Bungai terakreditasi B pada tahun 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua BAN – SM Kalteng, H. Slamet Winaryo, saat dibincangi Tabengan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) II BAN – SM, di Ballroom Hotel Aquarius, jalan Imam Bonjol, Senin (6/12). Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Rakorda tersebut bertujuan untuk mengevaluasi akreditasi sekolah selama tahun 2021, sekaligus mencari solusi agar tahun 2022 mendatang akreditasi disetiap sekolah khususnya di Kalteng bisa mencapai target dan lebih baik lagi.

“Akreditasi bukan hanya sekedar kegiatan untuk peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh asesor, melainkan harus melibatkan stakeholder serta rekomendasi. Sehingga mutu pendidikan dari sekolah yang masih lemah bisa diperbaiki dan ditingkatkan,” ucapnya.

Dijelaskan, selama tahun 2021 terdapat 281 sekolah di Kalteng yang terakreditasi, namun terdapat sejumlah sekolah yang masih perlu peningkatan akreditasi.

“Kita bersyukur bahwa di tahun 2021, 281 Sekolah di Kalteng sudah terakreditasi, namun ada beberapa yang perlu peningkatan karena terakreditasi C. Tetapi tidak sedikit juga sekolah yang berhasil mencapai akreditasi A dan B, sehingga kedepannya kita mendorong agar sekolah yang masih terakreditasi C bisa mengejar pencapaian minimal ke akreditasi B,” ujarnya.

Sedangkan untuk target BAN – SM di tahun 2022 mendatang, sambung Slamet, pihaknya masih menunggu data Dashboard dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama (Kemenag) Kalteng, mengingat terdapat lebih dari 2600 sekolah di Bumi Tambun Bungai yang harus mengejar akreditasi hingga batas akhir tahun 2022.

“Sudah menjadi tugas dari Dinas Pendidikan dan Kemenag Kalteng untuk memantau data Dashboard akreditasi sekolah. Sedangkan BAN – SM Provinsi Kalteng akan menyediakan sarana akreditasi melalui Dasboard dan visitasi. Sekolah – sekolah yang Dashboardnya turun sudah seharusnya di visitasi, sedangkan sekolah yang Dasboardnya status quo akan tetap diubah,” tandasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kalteng, H. A. Syaifudi, mendukung tujuan BAN – SM untuk terus meningkatkan mutu sekolah, dimana hal tersebut sesuai dengan visi misi Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran untuk memajukan kualitas pendidikan.

“Tentunya kita sangat mendukung dengan tujuan maupun target BAN – SM Kalteng untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Apalagi hal tersebut sejalan dengan visi misi gubernur Kalteng untuk terus memajukan dunia pendidikan. Bahkan Dinas Pendidikan berkomitmen untuk bersama – sama BAN – SM meningkatkan akreditasi sekolah – sekolah tidak hanya tahun 2022, tetapi sampai tahun 2026 mendatang,” pungkasnya. nvd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.