BUDAYA  

Pandemi, Aktivitas Seni Budaya Terus Berkembang

SENI BUDAYA- Penampilan salah satu sanggar seni budaya pada Gelar Seni Budaya Kalteng Tahun 2021 yang dilaksanakan UPT Taman Budaya Kalteng, Sabtu (27/11)./ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Tingkat penyebaran Covid-19 di Kalimantan Tengah perlahan-lahan menunjukkan angka membaik. Makin melandainya angka penyebaran virus Corona, membuat pemerintah memberikan ruang bagi siapa saja yang ingin membuat kegiatan, termasuk kegiatan seni pertunjukan ataupun sejenisnya.

Kepala UPT Taman Budaya Kalteng Suraji mengatakan, semakin melandainya angka Covid-19 dimanfaatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng melalui UPT Taman Budaya Kalteng untuk menggelar kegiatan seni dan budaya.

Kegiatan seperti ini diselenggarakan sebagai upaya pelestarian seni budaya daerah dan menyelenggarakan fungsi pengelolaan, pengembangan, dan pemanfaatan seni budaya daerah.

Suraji menegaskan, pagelaran Seni Budaya di tengah pandemi ini, diukur bukan dari jumlah penonton yang hadir secara langsung, namun dari jumlah layanan yang bisa diakses melalui media sosial. Untuk itu, silakan menonton secara live streaming melalui YouTube Taman Budaya Kalteng.

“Pandemi Covid-19 menuntut para pelaku seni terus mengembangkan aktivitasnya lebih baik lagi. Pengumpulan massa dalam jumlah yang banyak tentu akan dilarang. Mengantisipasinya, masyarakat dapat menyaksikan kegiatan seni budaya secara daring. Hal ini sebagai upaya mendukung para pelaku seni agar tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19,” kata Suraji saat membuka kegiatan Gelar Seni Budaya, Sabtu (27/11).

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak  yang mendukung kegiatan Gelar Seni Budaya ini, khususnya Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, sehingga terlaksana dengan baik. ded

 

Penulis: DedyEditor: Haris Lesmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.